Kejari Bitung Tetapkan Kadisnakertrans Tersangka Korupsi Dana Kegiatan 2015

SulutPos.com, Bitung – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bitung, FRB alias Ferry akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung dalam kasus dugaan korupsi Kegiatan Padat Karya Infrastruktur tahun 2015.

Penetapan Kadisnakertrans ini sebagai tersangka, berdasarkan hasil penyidikan dan ekspose perkara. Hal ini disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bitung, Agustian Sunaryo SH CN MH melalui Kasie Intel Mustari Ali SH, Selasa (11/10/2016).

Mustari mengatakan FRB ditetapkan sebagai tersangka karena diyakini telah menyalahgunakan kewenangannya atau jabatannya secara melawan hukum.

” FRB menyalahgunakan jabatannya dengan mencairkan uang untuk kegiatan Padat Karya Infrastruktur di Kelurahan Batu Putih Bawah, Kecamatan Ranowulu namun kegiatan tersebut tak dilaksanakan ” Kata Mustari didampingi Kasipidsus Kejari Bitung, Rudolf TP. Simanjuntak SH dan ketua tim penyidik, Andi Alamsyah SH kepada sejumlah wartawan.

Dirinya juga menambahkan terkait proses penahanan, pihaknya masih menunggu hasil dokter terkait kesehatan tersangka FRB.

” Pasal yang disangkakan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Jo. Pasal 18 UU No.31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No.20 Tahun 2001 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. Untuk kerugian negara sedang dihitung ” tambahnya.

Diberitakan pada tahun 2015, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bitung mendapat bantuan dana APBN Tugas Pembantuan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI untuk kegiatan Program Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2015 sebesar Rp. 1.271.336.000 yang terbagi dalam 2 (dua) kegiatan.

Kegiatan tersebut meliputi kegiatan Padat Karya Infrastruktur sebesar Rp. 725.436.000 dan kegiatan Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Tenaga Kerja Mandiri untuk Penciptaan Wirausaha Baru sebesar Rp. 486.400.000,-. (ray)

(Visited 446 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *