Dipusatkan di Minsel, Wagub Canangkan Gerakan Pengendalian Rabies Terintegrasi

Sulutpos.com, Amurang – Hari Rabies se Dunia khususnya di Sulawesi Utara tahun 2016 dipusatkan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) pada Kamis (3/11), melalui kegiatan Pencanangan Gerakan Pengendalian Rabies Terintegrasi, yang dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw.

Bupati Christiany Euginia Paruntu menerima bantuan vaksin anti rabies dari Wagub Steven Kandouw
Bupati Christiany Euginia Paruntu menerima bantuan vaksin anti rabies dari Wagub Steven Kandouw

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Makedonia Lopana tersebut, turut dihadiri langsung Bupati Christiany Euginia Paruntu,SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar,SH, serta jajaran Dinas Kesehatan Sulut selaku penyelenggara kegiatan.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw mengatakan, bahwa kasus rabies sangat berbahaya, dan untuk itu perlu perhatian dan penanganan serius semua pihak.

“Kita harus waspada terhadap kasus rabies, bukan hanya puluhan orang melainkan satu jiwapun harus di tolong. Untuk itu ketersediaan vaksin harus diperhatikan, dan kiranya disetiap desa dan kelurahan harus tetap tersedia vaksin tersebut. Pengobatan yang segera terhadap luka gigitan hewan seperti ini merupakan faktor penting dalam pencegahan rabies,” tegas Kandouw.

Sementara itu Bupati Christiany Eugenia Paruntu dalam kesempatannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi yang telah menunjuk Minsel sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini.

“Kami pemerintah Kabupaten Minsel mendukung semua program pemerintah provinsi, untuk itu disampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi dan juga kehadiran Wakil Gubernur atas pelaksanaan kegiatan ini. Saya memberikan apresiasi atas dilaksanakannya pencanangan Gerakan Pengendalian Rabies Terintegrasi dalam rangka Hari Rabies se Dunia tingkat provinsi Sulut yang dipusatkan di Minsel, bahkan berterima kasih pula atas bantuan vaksin bagi Minsel,” tutur Paruntu sembari menyampaikan jika di Kabupaten Minsel terus melakukan berbagai upaya, mulai dari sosialisasi maupun penyuntikan vaksin anti rabies dalam mencegah bahaya Rabies ditengah-tengah masyarakat. (Andre Dotz)

(Visited 390 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *