Karnaval Bendi Hias Jadi Pemandangan Gratis Warga Tondano ( Advertorial )

( Foto cover : Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow MSi, didampingi Ketua TP PKK DR Olga Sajow Singkoh Mhum, serta Cucu tercinta saat menaiki kendaraan Bendi dalam Festival bendi Hias )

Sulutpos.com, Tondano – Cuaca hujan yang menguyur kota Tondano tak menyurut antusias warga untuk berdesak desakan saat menyaksikan lomba karnaval Bendi Hias yang di gelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa pada Minggu (29/01) siang tadi.

IMG_0508IMG_0480Sedikitnya 100 Kendaraan Tradisional Minahasa, yang sudah dihias sedemikian rupa menjadi pemandangan yang cukup menarik perhatian bukan saja warga yang ada di wilayah Tondano, namunpun mereka yang melintasinya.

Dengan mengambil star Lokasi Monumen benteng Moraya, seluruh peserta dengan teatur mengikuti rute yangdi tentukan panitia.

Di samping kegiatan yang diikuti semua SKPD kabupaten Minahasa sampai ke Kecamatan serta Forkopimda festival inipun terbuka bagi masyarakat umum, yang di mana memperebutkan troopy Bupati Minahasa, Wakil Bupati, Sekda, serta Uang Tunai bagi para juara Satu, dua dan Tiga.

IMG_0539IMG_0482Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo JE Tumundo SE MSi, dalam sambutanya mengatakan,
Kegiatan festival Bendi hias merupakan sala satu agenda pemeritah kabupaten Minahasa dalam mensukseskan Pesona Minahasa 2017,” Kegiatan lomba bendi hias ini adalah salah satu agenda pemerintah kabupaten Minahasa dalam mensukseskan Pesona Minahasa, dan di tahun 2017 ini pun ada banyak kegiatan yang akan di gelar dengan tujuan mengangkat pariwisata di Minahasa,” ujar Tumundo.

IMG_0534IMG_0484Sementara Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw dalam sambutanya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pemerintan Kabupaten Minahasa, ” Kami sangat mengapresiasi kegiatan karnaval Lomba bendi hias ini, yang merupakan kegiatan unik, ” ujar Kandouw.

Lebih lanjut di katakan Wagub, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan yang bakal di gelar oleh kabupaten serta Kota dalam tahun mendatang, dengan tujuan bisa mengangkat segi pariwisata di setiap Daerah,” Kegiatan ini kiranya dapat menjadi agenda tetap di Minahasa sertapun di Sulawesi Utara, dengan harapan bisa memicu perkembangan pariwisata yang ada, karena jika pariwisatanya maju maka perekonomian masyarakatpun pasti akan meningkat, dan kami akan terus mensuport sertiap kegiatan yang berkaitan dengan kepariwisataan,” ujar Wagub.

IMG_0454” Untuk memajukan suatu Daerah bukan hanya kerja dari Bupati dan Wakil Bupati saja, namun memerlukan kerja sama atau Goyong royong, dan yang menjadi syarat utama dalam kemajuan pariwiata adalah keamanan, kebersihan, dan ketertiban dan saya yakin warga Minahasa mampu merberdayakanya, mari sukseskan pariwisata yang ada di Minahasa,” tutup Kandouw.

IMG_0618Sementara Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, mengatakan, kegiatan ini adalah suatu kretivitas pemeritah dalam mensukseskan pesona Minahasa 2017 namun mengingat iven ini adalah awal pagelaran otomatis masih perlu adanya pembenahan ,” Momen ini sangat penting dan Iven ini tahun depan akan kita gelar kembali, namun akan dilakukan penataan dan perbaikan lagi mengingat masih banyaknya kekurangan, diataranya masih ada kendaraan lain selain bendi yang ikut, dan itu menjadi penghalang bagi masyarakat. Kita usahakan tahun depan yang ada hanya kendaraan bendi saja, ” terang Bupati.

Tampil sebagai juara dalam Karnaval bendi Hias ini adalah, kendaraan bendi milik Dinas Perdagangan, sebagai juara satu, yang di susul kendaraan bendi milik Asisten Satu pemkab Minahasa, sebagai juara dua, dan masuk dalam juara tiga adalah kendaraan bendi milik Dinas Pangan kabupaten Minahasa.( Ody)

IMG_0607IMG_0590

(Visited 392 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *