Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Tu’unan Talaitad Utara Jadi Prioritas

Foto cover : Objek wisata potensial Air Terjun Tu’unan di Desa Talaitad Utara


Sulutpos.com, Amurang – Pengembangan objek wisata Air Terjun Tu’unan di Desa Talaitad Utara, Kecamatan Suluun Tareran, menjadi salah satu lokasi prioritas Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, dalam hal ini Dinas Pariwisata. Sebagaimana diketahui, meski sudah seringnya pengunjung datang ke lokasi air terjun dengan ketinggian 50 meter tersebut, namun diakui akses jalan ke lokasi tersebut masih sulit ditempuh.

Kumtua Talaitad Utara Nixon Rorong
Kumtua Talaitad Utara, Nixon Rorong

Menurut Kumtua Desa Talaitad Utara Nixon Rorong, jarak tempuh ke lokasi Air Terjun Tu’unan dari jalan utama desa mencapai 2 kilometer lebih. Diakui Rorong, akses jalan masih menjadi kendala pengembangan potensi wisata tersebut. Namun sebelumnya pihaknya telah mengupayakan perbaikan jalan ke lokasi tersebut dengan anggaran PPIP dan Dana Desa meski belum keseluruhan selesai.

“Melalui dana PPIP beberapa waktu lalu dianggarkan 250 juta rupiah untuk pembukaan dan perbaikan jalan serta rabat beton sepanjang 700 meter, dilanjutkan dengan Dana Desa 2016 dengan panjang 600 meter. Selain itu kami juga telah mengajukan proposal ke Dinas Pariwisata Minsel untuk pengembangan objek wisata potensial ini, dan menurut informasi objek wisata ini telah masuk 3 besar prioritas instansi tersebut,” jelas Rorong.

Keberadaan air terjun ini pastinya akan membawa Minsel lebih dikenal dengan keberaneka-ragaman objek wisata, sehingga keseriusan pemerintah maupun masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengembangan dan pelestariannya.

“Apalagi bupati pernah bilang bahwa tahun ini, pariwisata di Minsel akan diseriusi. Untuk itu kami minta adanya perhatian khusus pada objek wisata ini,” tutur Sheila Sinaulan warga Talaitad Utara. (Andre Dotz)

(Visited 160 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *