Presiden: Dengan KITE IKM Biaya Produksi Turun 25 Persen

Foto Cover : Presiden Joko Widodo meluncurkan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Desa Tumang Boyolali, Jawa Tengah (30/1). Kemenkeu.go.id)


Sulutpos.com, Jakarta – Bertempat di Balai Dusun Tumang, Desa Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo memukul gong sebagai tanda resminya peluncuran fasilitas berupa  Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) pada hari Senin (30/01).

Dalam sambutannya, Presiden menjelaskan persaingan antar pengusaha, antar negara semakin berat karena ekonomi dunia yang semakin menurun. Presiden berharap pemerintah mendukung semua industri kecil dan menengah.

“Mengurus yang kecil dan menengah itu memang pusing, tapi keberpihakan itu harus, yang kecil dan menengah harus di urus biar jadi gede, tugas pemerintah itu.  Kalo yang kecil-kecil tidak kita urus dengan baik, mereka akan sulit bersaing dengan pengusaha dari negara lain,” tegasnya.

Presiden berharap, KITE IKM dapat memberikan motivasi kepada para perajin IKM, paling tidak biaya produksi yang ada di IKM bisa ditekan turun karena yang pengusaha besar sudah ada pusat logistik berikat.

Lebih lanjut, Presiden menerangkan dengan KITE IKM akan diefisiensikan kurang lebih 25%. “Pertama, harga bahan baku bisa dibeli langsung. Kedua, biaya pajak impor dihilangkan. Ketiga, bea masuk juga dihilangkan. Kalau bisa dimanfaatkan oleh UKM kita, daya saing kita jadi lebih baik”, imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berharap fasilitas KITE IKM dapat memberikan bantuan dan dorongan, khususnya pendampingan dan fasilitasi untuk IKM. “Mudah-mudahan dengan pertemuan kali ini, akan bisa memberi dorongan yang luar biasa kepada usaha dan industri kecil menengah sehingga bisa tumbuh besar dan membanggakan Indonesia”, pungkasnya. (agt/nr)

Sumber: kemenkeu

(Visited 198 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *