Peduli Bencana, Pemkab dan Tiga Cabang Bank di Minahasa Salurkan Bantuan

( Foto cover : Penyerahan bantuan oleh Sekda Jefry Korengkeng kepada koban bencana  banjir )

Sulutpos.com, Tondano – Bencana Alam yang terjadi disebagian wilayah Kabupaten Minahasa membuat banyak warga mengalami kerugian baik kehilangan tempat tinggal, maupun rusaknya seluruh perlengkapan rumah.

Guna mengurangi beban warga tersebut, Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah pimpinan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, terus memberikan perhatianya bahkanpun dalam situasi itu dirinya menyempatkan diri hadir ditengah warga guna melihat keberadaan masyarakat setempat.

Dari pantauan wartawan Sulutpos.com, semenjak cuaca buruk menerjang Tanah Toar lumimuut, bantuan terus di berikan pemerintah, baik berupa makan namun juga bahan lainnya seperti kasur dan selumut yang di sediakan pihak Badan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD ).

Dan pada Selasa (21/02) sore menjelang malam hari, bantuan berasal dari tiga Bank yang mempunyai cabang di Minahasa yakni, Bank Sulut go, Bank BRI,serta Bank BNI di salurkan ke Kecamatan Tondano, Kakas, serta Sonder, yang dari awal belum penah mendapatkan bantuan.

Dengan dipimpin Sekretaris Daerah Jefry Korengkeng SH, MSi, didampingi Asisten I Setdakab Minahasa DR Denny Mangala MSi, beserta Pimpinan Ketiaga Bank ini yakni MN Fajari dari BRI, frangklin kumokong, BNI ,Erwin Khuhon Bank SulutGo. Menghantar langsung bantuanya kesetiap Kecamatan yang terkena musibah .

Dalam penyaluran Bantuan itu, Pemerintah Kabupaten Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, lewat Sekda Korengkeng mengatakan bahwa Pemerintah turut prihatin akan musibah yang terjadi, namun pihaknya akan terus berupaya membantu warga yang membutuhkan,

” Bantuan ini tidak seberapa, dan kami memaklumi ini tidak akan memenuhi segalah kebutuhan masyarakat yang ada, namun ini merupakam satu kepedulian Pemerintah Kabupaten Minahasa beserta Bank yang ada, dan mudah – mudahan akan bermanfaat serta dapat meringankan sedikit beban warga yang terkena Musibah,” Ujar Korengkeng.

Lebih lanjut korengkeng menambahkan, bahwa pihaknya tidak akan berhenti mengalang dana untuk di berikan kepada warga yang masih membutuhkan, ” Kami akan terus mengalang dana dan pasti kamipun akan kembali, jadi kalau bisa utamakan bagi warga yang lebih membutuhkan,” terangnya kepada warga yang ada di kecamatan Tondano sambil berharap warga tidak akan menyalahkan Pemerintah setempat baik Lurah maupun Camat jika memang ada warga yang tidak kebagian bantuan.

Hal yang sama di katakan Asisten I Setdakab Minahasa DR Denny Mangala kepada warga yang ada di Kecamatan Kakas dan Sonder , dimana pun menekankan tentang bantuan yang disalurkan ini yang merupakan kepedulian pihak Perbankan serta Pemerintah Kabupaten,” Kami harap masyarakat bisa menerima dengan suka cita, walaupun bantuan ini tidak seberapa, tapi ini merupakan satu kepedulian pihak Perbankan juga Pemerintah Kabupaten untuk masyarakat yang terkena bencana, ” ujar Mangala, sambil berpesan bahwa pihaknya akan terus mengalang dana untuk disalurkan kembali ke warga setempat,” Akan ada ASN Car, atau ASN peduli bencana, dan jika sudah terkumpul pasti kami akan kembali lagi,” pungkasnya.

Sementara pihak Perbankan lewat NM Fajari Kepala Cabang BRI Tondano mengatakan pihaknya ikut prihatin dengan musibah yang terjadi di Minahasa, maka dengan kejadian itu ada rasa sepenanggungan untuk membantu warga dengan cara memberikan bantuan,” Bantuan ini meruapakan suatu solidaritas dari Perbankan baik Bank BRI, BNI, serta Bank Sulut go, yang ada di Kabupaten Minahasa, untuk warga yang terkena bencana, dengan harapan ini dapat membantu mengurangi beban yang ada,” ujar Fajari.

Saat ditanya mengenai Nasabah yang mengalami musibah akibat bencana, diantaranya warga Kecamatan Sonder yang mana ratusan ternak babi terseret banjir bandang pihak Bank sendiri bakal mendata dan akan di berikan dispensasi.
” Untuk Nasabah yang mengalami kerugian akibat bencana alam ini, pihak Bank akan mendata, terlebih yang ada di Kecamatan Sonder, kami akan memberikan dispensasi dengan cara mengurangi bunga kredit serta Penambahan jangka Waktu pembayaran,” katanya.

Atas bantuan yang di berikan Pemerintah Kecamatan serta warga sanggat bersyukur dan berterimakasih ,”Kami atas nama Pemerintah Kecamatan serta Masyarakat yang terkena bencana sangat berterima kasih atas perhatian yang di tunjukan oleh Bapak Bupati dan jajarannya, serta pihak perbankan yang suda turut membantu disaat kami mengalami musibah, ” ujar Camat Kakas Jefry Maisiouw

Adapun data rumah dikunjungi terkena bencana ditiga Kecamatan masing – masing adalah Kecamatan Tondano Timur meliputi Kelurahan Kiniar 333 rumah, Tolour 223 rumah, Papkelan 136 rumah, Kecamatan Kakas . Desa Paslaten 155 rumah , Kaweng 125 rumah, Toulimbet 40 rumah ,Tounelet 127 Rumah untuk Kecamatan Sonder Leilem dua ada 4 rumah dan Leilem tiga ada 15 rumah.
dan bantuan yang di berikan berupa Kasur, selimut, beras,mie instan, air mineral,telur dan perlengkapan lainya. ( Ody )

(Visited 70 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *