Sel Jantung Manusia Tumbuh pada Daun Bayam

Foto Cover : Tim peneliti mengatakan mereka telah menumbuhkan sel-sel jantung manusia yang berdetak pada daun bayam (foto: WPI).


Sulutpos.com, Washington – Bayam dikenal sebagai makanan yang kaya gizi, tetapi percobaan baru mengungkapkan manfaat lain dari daun hijau tersebut.

Tim peneliti mengatakan mereka telah menumbuhkan sel-sel jantung manusia yang berdetak pada daun bayam, menggunakan jaringan vaskular tanaman itu untuk menyalurkan cairan. Temuan itu akhirnya bisa mengarah ke kemungkinan menumbuhkan jaringan jantung manusia yang berfungsi dan kelak bisa menggantikan sel-sel jantung yang rusak akibat serangan jantung.

Foto perkembangan tumbuhnya sel-sel jantung manusia pada daun bayam, menggunakan jaringan vaskular tanaman itu. (Foto WPI)
Foto perkembangan tumbuhnya sel-sel jantung manusia pada daun bayam, menggunakan jaringan vaskular tanaman itu. (Foto WPI)

“Tanaman dan hewan pada dasarnya menggunakan cara berbeda untuk menyalurkan cairan, bahan kimia, dan molekul-molekul makro, namun ada kesamaan yang mencengangkan dalam struktur jaringan pembuluh mereka,” ujar peneliti pada Worcester Polytechnic Institute (WPI), University of Wisconsin-Madison, dan Arkansas State University-Jonesboro.

Terobosan itu penting karena sejauh ini bioteknologi, seperti pencetakan 3-D, tidak bisa meniru sistem pembuluh darah yang kompleks dalam tubuh manusia yang menyalurkan oksigen, nutrisi, dan molekul penting yang diperlukan jaringan untuk tumbuh sebagaimana mestinya. [ka/ii]

VOA News

Simak penelitian tersebut di YouTube:

(Visited 279 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *