Hari Ini 49 Desa di Kabupaten Minahasa Gelar Pemilihan Hukum Tua

( Foto cover : Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala Msi saat memberikan himbauan kepada para calon Hukum tua Desa Pineleng Dua) 

Sulutpos.com, Tondano – Hari ini Selasa (25/04) sebanyak 49 desa di Kabupaten Minahasa gelar Pemilihan Hukum Tua ( Pilhut) serentak tahap dua.

Dari pantauan Wartawan Sulutpos.com, terlihat antusias warga di setiap desa untuk memberikan hak suaranya guna mengusung calon yang diharapkan akan memimpin Desa terlebih saat panitia Pilhut mulai melalukan penghitungan surat suara yang di coblos.

Sementara Pemerintah Kabupaten Minahasa lewat Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala Msi juga selaku Ketua Panitia Kabupaten yang ikut memantau akan jalannya Pilhut mengatakan syukur karna pelaksaanya ini bisa berjalan dengan baik, ” Sebagai Panitia saya bersyukur karena secara umum Pilhut ini bisa berjalan baik,” ujar Manggala.

Kepada para Calon Hukum tuapun Asisten 1 Sekdakap ini menghimbau akan para calon Hukum tua usai pemilihan dan penghitungan suara dapat melihat akan masa  pendukung sambil berharap tidak menggelar kegiatan di rumah masing – masing, baik mereka yang menang maupun yang kalah, ” Usai pengumuman diharapkan setiap calon bisa melihat akan masa yang mendukung, dan yang lebih utama tidak mengelar kegiatan dirumah masing-masing, atau berpesta pora,” terangnya.

Sementara itu, Kadis PMD Djefry S. Sajow, mengatakan pemilihn ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah tahun 2016 lalu,

” Artinya untuk pelaksanaan tahun ini menyempurnakan dengan kegiatan tahun kemarin. riak-riak kemarin sudah bisa dipendam saat ini, Ujar Kadis.

” Diharapkan panitia di desa secepatnya menyelesaikan seluruh administrasi memasukan ke BPD dan selanjutnya ke panitia kabupaten. Mengingat akan ada pencairan Dandes, perlu secepatnya dimasukkan berkas supaya secepatnya pencairan. Setelah ini akan ada kurang lebih satu minggu dan bisa diterbitkan (SK) Surat Keputusan Bupati untuk pelantikan.lanjutnya sambil menyatakan jika nanti ada desa dalam pilhut ini didapati bermasalah akan tetap dilantik, namun prosesnya akan ditindak lanjuti. Tapi yang tidak bermasalah langsung dilantik,” Dandes sudah ada di RKUD kabupaten jadi tinggal menunggu pelantikan rampung,” Pungkasnya.

Turut hadir dalam pemantauan pemilihan Hukum tua ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD) Jefry Sumendap Sajow SH, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibum Linmas Widiwaty Rinjani, Anggota DPRD Kabupaten Oklen Waleleng, Imelda Nofita Rewah, Dicky Masengi, dan Rudy Kaunang ( Ody)

(Visited 143 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *