Dana Hibah 42.364.000.000 Untuk KPU Minahasa Guna Pilkada 2018 Mendatang

( Foto cover : Penanda tanganan Naskah Perjanjian Hibah oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Dengan KPU Minahasa) 

Sulutpos.com, Tondano – Kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara semakin mantap.  Hal ini setelah pihak Pemkab Minahasa dan KPU Kabupaten Minahasa menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)  untuk anggaran hibah Pilbup.

Penandatanganan NPHD yang dilaksanakan Selasa (9/5) di Kantor Bupati Minahasa berlangsung sederhana namun penuh nuansa kekeluargaan. NPHD ditandatangani oleh Bupati Minahasa, Jantje W Sajow selaku pihak pemberi hibah dan Ketua KPU kabupaten Minahasa,  Meidy Y Tinangon selaku penerima hibah.

 Dengan penandatanganan  NPHD ini maka nominal anggaran yang disepakati oleh kedua belah pihak menjadi semakin jelas.

 Adapun total anggaran hibah pemilihan sesuai dokumen NPHD adalah sebesar Rp.  42.364.000.000,-  yang dialokasikan pada APBD Minahasa untuk 2 tahun anggaran. Untuk Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp.  7.500.000.000,- bersumber dari APBD induk Rp. 6.500.000.000,- dan APBD perubahan sebesar Rp. 1.000.000.000,-

 Sisanya Rp. 34.864.000.000,-  untuk Tahun Anggaran 2018 ditata “dalam APBD induk Tahun 2018.

 Ketua KPU minahasa,  Meidy Tinangon usai penanda tanganan menyampaikan terimakasih kepada Pemkab atas kerjasama sehingga menyetujui anggaran hibah Pilkada.  “Proses pengajuan dan pembahasan anggaran telah berproses sejak bulan Juni 2016 dan telah melalui proses pembahasan dengan TAPD Pemkab dan DPRD serta reviu BPKP,” ungkap Tinangon.

 Sementara itu Bupati Minahasa Drs. Jantje W.  Sajow,  M. Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab memang berkomitmen untuk  mensuport anggaran demi suksesnya kegiatan tahapan Pilbup.

 “Saya meminta supaya anggaran ini dikelolah dengan baik dan proses pencairan dan penggunaannya dilakukan sesuai standar pengelolaan keuangan negara,” ungkap Sajow.

 Penandatanganan NPHD dihadiri lima komisioner KPU Minahasa, masing-masing Meidy Y Tinangon, Dicky Paseki, Wiesje Wilar, Kristoforus Ngantung dan Lord A. Malonda dan sekretaris KPU Meidy R Malonda. Sedangkan dari pihak Pemkab, selain Bupati, turut hadir Sekretaris Daerah, J.F Korengkeng, Assisten Pemerintahan, Denny Mangala, Kepala Inspektorat , Frits Muntu dan Kadis Keuangan, Riany Suwarno. ( Ody )

(Visited 97 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *