Mensos Khofifah Serahkan Langsung Dana Non Tunai Bagi Masyarakat Penerima PKH di Minahasa ( ADV )

(Foto cover : Foto bersama Mensos RI beserta Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dengan Penerima dana PKH di Minahasa) 

Sulutpos.com, Tondano – Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parwangsa hari ini Kamis ( 11/04) kunjungi Kabupaten Minahasa.

Mensos RI saat meninjau penarikan Dana PKH di ATM BRI oleh warga
Mensos RI saat meninjau penarikan Dana PKH di ATM BRI oleh warga

Kedatangan Mensos ke Tanah Toar Lumimuut ini berkaitan dengan Kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Utara dalam Penyaluran Bantuan Non Tunai Program Keluarga Harapan ( PKH) yang bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia ( BRI) dan pagelaranya bertempat di Kantor Balai Pertemuan Umum ( BPU) Tondano.

Bupati Drs Jantje W Sajow saat memberikan sambutan
Bupati Drs Jantje W Sajow saat memberikan sambutan

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow Saat menyambut Mensos beserta Tim Kementerian mengatakan terimakasih atas nama masyarakat Minahasa karena mendapat kehormatan dikunjungi sang menteri.

” Kami sangat mengapresiasi perhatian Pemerintah Pusat terlebih khusus Ibu Menteri Sosial yang sudah mengunjungi Kabupaten Minahasa dan ini merupakan kali yang kedua, tercatat sudah dua kali saya menyambut Bu menteri datang di Minahasa pada saat peresmian PWR di Tampusu, Saat ini masih bertemu lagi dengan Ibu, Terimakasih karena bole datang di Minahasa. Dan saya sangat mengapresiasi dengan Lagu Mars PKH, saya senang lagunya yel – yelnya juga sangat bagus, semangatnya menandakan Orang Minahasa cinta Pancasila dan cinta NKRI,” ujar Bupati.

Penyerahan simbolis bantuan oleh Bupati Minahasa
Penyerahan simbolis bantuan oleh Bupati Minahasa

” Perlu saya laporkan bahwa di minahasa ini posisinya program ini pada tahun 2007 / 2014 yang reguler khususnya pada program keluarga harapan kita mendapat bantuan sebesar 2089 rumah tangga sasaran ( RTSM) dan pada program pengembangan 2015 bertambah 1445 dari keluarga yang sangat miskin menjadi keluarga ( KSM) serta pada tahun 2016 dengan program perluasan pertambahan 3619 dengan jumlah keseluruhan PKH sebanyak 7893 yang di sebut sebagai keluarga penerima manfaat yang terbagi Ibu Hamil dengan jumlah komponen penerima manfaat 130 orang, anak dibawah lima tahun berjumlah 2261. Anak pra sekolah 309, anak sekolah dasar 5545, anak SMP 3751, anak SMA 5582, lanjut usia 654 orang, dan disabilitas berat 47 orang, dengan jumlah keseluruhan komponen 15.562 orang, dan pembayaran sampai dengan saat ini 7.675.255.000  penyaluranya lewat kantor Pos. Dan untuk bantuan program iuran jaminan kesehatan yang dikenal berdasarkan peraturan menteri no 351 tahun 2016 yang menerima kartu Indonesia sehat berjumlah 111.183 jiwa yang menjadi sasaran 40 persen dari jumlah penduduk pendapatan rendah. Untuk program beras sejahtera jumlah penerima sebanyak 19.945 KK.Sementara untuk Kabupaten Minahasa pada 2017 adalah Rp41,8 miliar. Bantuan tersebut disalurkan untuk 7.876 keluarga penerima PKH, 19.490 keuarga penerima bantuan Rastra, 30 jiwa penerima bantuan sosial disabilitas, dan 76 jiwa penerima bantuan sosial lanjut usia.Terimakasih kepada ibu menteri serta pak presiden yang begitu perhatian masyarakat miskin di seluruh Indonesia khusunya tanah minahasa dan kita berharap indonesia semakin besar, pinter, dan semakin makin hari hebat,”Urai Bupati.

Penyerahan secara simbolis bantuan PKH oleh Asisten II Sulut
Penyerahan secara simbolis bantuan PKH oleh Asisten II Sulut

Sementara Pemerintah Provinsi lewat Asisten II perekonomian dan Pembangunan Muhamad Mokoginta, SE, mengatakan Kemiskinan merupakan permasalahan bangsa yang mendesak sehingga dalam rangka memenuhi hak-hak dasar masyarakat pemerintah pusat bersama pemprov dan pemkab bekerja sama menyukseskan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk menghidupi masyarakat yang bermartabat.
” Badan pusat statistik melaporkan bahwa di Sulut mengalami penurunan kemiskinan dari 8,98 persen menjadi 8,20 persen. Meski presentasi menurun namun kemiskinan harus tetap kita tekan secara maksimal dengan melibatkan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat secara menyeluruh serta merata. Pemerintah Provinsi menyambut gembira kunjungan ibu menteri ini merupakan wujud komitmen dan perhatian dari pemerintah pusat,” ulasnya.

” Kami menghimbau kabupaten yang menerima bantuan, penerima manfaat PKH ini harus sesuai kriteria dan sasaran agar program ini tepat guna pada masyarakat dan semoga memberikan hasil yang positif bagi masyarakat,” Pinta Mokoginta

Pimpinan BRI Sulut saat memberikan laporan
Pimpinan BRI Sulut saat memberikan laporan

Pemimpin Wilayah BANK BRI Manado DP. Oka Mahardjana mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan yang telah di berikan Kementerian Sosial RI kepada BRI,” kami bersyukur dapat berpartisipasi menyukseskan program kementerian sosial,” ujar Marjana sambil berharap kerja sama ini akan terus berlanjut, ” Program ini memberikan kemakmuran kepada masyarakat secara adil dan merata. Tepat cepat aman dan muda menjadi karakteristik dari program ini. Menggunakan kartu keluarga sejahtera BRI dimana Kabupaten Minahasa menjadi tempat penyaluran melalui kartu debet khusus yang sudah terdaftar di kemensos untuk menerima bantuan sosial. Sinergi kerjasama BRI dengan kementerian Sosial menjadi mitra perbankan dari 2007 sampai saat ini. Kedepannya kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut agar dapat terwujud masyarakat yang sejahtera,”Harapnya.

Mensos RI berbaur dengan warga saat memberikan penyampaian
Mensos RI berbaur dengan warga saat memberikan penyampaian

Dan dalam pengarahan Mensos Hj Khofifah Indar Parawansa mengatakan program ini guna perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat yang ada di Minahasa dan Indonesia, ” Hari ini mudah mudahan ada kebahagian dari diri kita. Dalam tabungan isinya 500 ribu dan hari ini pencairan pertama dan bulan depan tepatnya bulan juni akan ada pencairan kedua sebanyak 500 ribu lagi serta bulan agustus akan diisi 500 ribu,” terang Mensos.

” Kartu keluarga sejahtera yang dibagikan kali ini tidak bisa dipalsukan karena didalam kartu ini sudah dilengkapi dengan pin khusus, dan bisa dicairkan lewat ATM di 4 Bank Negara artinya pak presiden jokowi ingin rakyatnya lebih mudah agakses pencairanya. Dikabupaten Minahasa Koordinator yang menyalurkan bansos PKH adalah BRI,” lanjutnya. Sambil berpesan agar dana digunakan dengan baik,” Bapak presiden berpesan agar bisa mengunakan dengan baik dan benar, dan untuk dananya tidak dipotong, apalagi sekarang mengunakan katu tabungan jadi tidak ada orang yang mau menganggu uang bantuan sosial ini,” imbuhnya.

Pemberian bantuan oleh Kementerian Sosial kepada Pemkab Minahasa
Pemberian bantuan oleh Kementerian Sosial kepada Pemkab Minahasa

Diakhir kegiatan diberikan secara simbolis KKS Debit BRI Program Keluarga Harapan bagi 10 serta 10 Beasiswa berupa Tabungan BRI Junio sebesar Rp. 250.000 untuk anak berprestasi dari keluarga PKH

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial RI Nurpujianto, Kepala Dinas Sosial Provinsi Dr. Lisye Grace L.unuh, M.Kes, Pemimpin Cab BRI Tondano M. Noeroel Fadjari, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Dandim 1302 Minahasa Jubert Nixon Purnama STh, mewakili Polres Minahasa Benny Mambu, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, Forkopimda Kabupaten Minahasa, kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Royke kaloh SH, jajaran pemerintah Kabupaten minahasa dan perutusan penerima PKH di Minahasa.( Ody)

Pemberian secara simbolis bantuan PKH oleh Sekda Minahasa Jefry Korengkeng
Pemberian secara simbolis bantuan PKH oleh Sekda Minahasa Jefry Korengkeng
(Visited 167 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *