Tangkere Geram Dengar Ada Pungli Disejumlah Sekolah di Minahasa

( Foto cover : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Drs Arody Tangkere MAP)

Sulutpos.com, Tondano – Banyaknya pengeluhan terkait pungutan liar (Pungi) di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Minahasa, membuat Kepala Dinas pendidikan Drs.Arody Tangkere, MAP geram.

Dikatakan Tangkere, jika ada oknum kepala sekolah (Kepsek) ataupun guru dengan dalih apapun meminta uang atau lainya dengan alasan keperluan sekolah maka pihak dinas akan bersikap tegas atas oknum tersebut

“Kalau ada Kepsek atau guru meminta uang atau menyuruh membawa ini itu ke siswa, segerah laporkan dan akan ditindak tegas serta memberikan warning kepada oknum yang bersangkutan ,” tegas Tangkere kepada wartawan saat dikonfermasi diselah pelantikan Hukum Tua pada jumat (18/05)

Lebih lanjut kata Tangkere, karena hal seperti itu tidak pernah di instruksikan ataupun menyuruh kepsek atau guru untuk meminta siswa untuk membawa sesuatu ketika ada kunjungan dan supervisi ataupun pada saat ujian. Karena disetiap sekolah yang ada di kabupaten minahasa sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui bantuan oprasional sekolah (BOS) dan dana alokasi khusus (DAK).

“Jadi para kepsek dan guru jangan coba-coba melakukan pungli terhadap siswa. Karena bantuan yang diberikan baik dari pemerintah pusat maupun daerah cukup untuk oprasional sekolah. Seperti dana BOS, dan dana tersebut dipergunakan untuk keperluan operasional sekolah didalamnya 13 item dengan rincian; pengembangan perpustakaan, Kegiatan PPDB, Pembelajaran dan Ekstrakurikuler, Ulangan dan Ujian, Pembelian Bahan Habis Pakai, Langganan Daya dan Jasa, Perawatan/Rehab dan Sanitasi, Pembayaran Honor Bulanan, Pengembangan Profesi G/TK, Membantu Siswa Miskin, Pengelolaan Sekolah, Pembelian dan Perawatan Komputer dan Biaya Lainnya,” terang Tangkere.

Tangkerepun mengatakan bakal membawa materi pengeluhan pungutan kepada siswa dalam rapat antar kepala – kepala sekolah dan pemangku kepentingan lainya. ( Ody)

(Visited 427 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *