Desa dan Kelurahan Utusan Kabupaten Minahasa Berpotensi Juara

( Foto cover : Peninjauan Lokasi Lomba Desa dan Kelurahan Utusan Kabupaten Minahasa oleh Tim dari Provinsi Sulut) 

Sulutpos.com, Tondano – Tim Penilai Perlombaan Desa Dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat ( PMD) Provinsi Sulawesi Utara Drs Royke H Mewoh DEA Akhir pada Kamis (08/06) Kunjungi Keluarahan Paleloan Kecamatan Tondano Selatan serta Desa Tempang Tiga Kecamatan Langowan Utara guna Meninjau Keduanya berkaitan dengan diikut sertakan Keluaran dan Desa ini dalam Perlombaan tingkat Provinsi Sulaweai Utara.

Kedatangan Mewoh ini di dampingi Asisten Pemerintahan dan Desa Kabupaten Minahasa DR Denny Mangala MSi, Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa Jefry Sumendap Sajow SH, TP PKK Sulut serta TP PKK Kabupaten Minahasa.

Saat meninjau Kedua Perutusan Kabupaten Minahasa ini Kepala Dinas Provinsi Mengatakan Selamat Kepada Kedua Perutusan ini karena terpilih mewakili Kabupaten Minahasa dalam mengikuti perlombaan tingkat provinsi.

” Desa Maupun Kelurahan yang telah di utus oleh Kabupaten Minahasa pada prinsipnya sudah siap semua, namun esensi dari evaluasi, pelaksaan Desa dan Kelurahan adalah tidak melihat kesalahan – kesalahan tapi melihat kekurangan – kekurangan untuk di perbaiki, sehingga yang dulunya di kenal dengan lomba desa dan kelurahan saat ini di ganti dengan evaluasi tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan,” ujar Kadis.
Dalam penilaian akan perlombaan ini Menurut kadis di utamakan dalam kelengkapan administrasi,” Yang menjadi penilaian terlebih khusus dalam administrasi, dan yang kami temui rata – rata administrasinya perlu untuk di perbaiki, karena jika administrasinya kurang baik itu mengambarkan pelayanan kepada masyarakat kurang baik serta keterlibatan masyarakat dalam pembangunanan dan bagaimana mensejahterakan. Namun dari penilaian mulai dari Kelurahan Paleloan dan Tempang ini potensinya semua mempunyai peluang untuk menang,” Kata Kadis.

Sementara Asisten 1 Sedakab Denny Mangala mengatas namakan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dalam sambutannya mengaku bersyukur karena Tim Penilai dapat melihat secara langsung Kelurahan Paleloan serta Desa Tempang Tiga, dimana telah mewakili Minahasa mengikuti lomba Tingkat Provinsi.

“Melalui berbagai evaluasi di tingkat Kabupaten, Desa Tempang Tiga akhirnya menjadi Desa terbaik se Minahasa. Desa ini adalah Desa yang sangat luar biasa, Desa yang kecil namun sangat kreatif. Banyak inovasi-inovasi dari Desa Tempang Tiga yang menunjukkan Desa ini memiliki semangat persaudaraan dan kekeluargaan yang sangat tinggi,” kata Mangala saat berada di Desa tempang tiga sambil berterima kasih kepada Ketua dan Anggota Tim Penilai dari Provinsi Sulawesi Utara.

Kumtua Desa Tempang Tiga Meiland S Payouw dalam laporannya tentang gambaran umum Desa Tempang Tiga mengatakan, sejumlah inovasi soal pelayanan administrasi Desa Tempang Tiga telah dilakukan secara tepat dan gratis.

“Desa Tempang Tiga memiliki Website Desa, sehingga kita semua dapat melihat pembangunan yang ada di Desa Tempang Tiga. Kemandirian Desa ini dapat dilihat dari tingginya partisipasi masyarakat dan sinergritas kelembagaan Desa dan masyarakat dalam mewujudkan visi dan misi Desa Tempang Tiga,” tutur Payouw.

(Visited 81 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *