Tarian Maengket, Katrili, Musik Bambu dan Musik Kolintang Bakal di Perlombakan di Ferstival Bukit Kasih

( Foto cover : Tarian Maengket, Tarian Adat Kabupaten Minahasa )

Sulutpos.com, Tondano – Setelah Sukses gelar Festival Jaton pada Minggu yang lalu, kembali Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa bakal menggelar beberapa lomba kegiatan dalam ajang Festival Bukit Kasih, dengan jenis Lomba Tarian Maengket, Lomba Tarian Katrili, Lomba Musik Bambu dan Lomba Musik Kolintang, yang akan berlangsung pada Kamis dan Jumat, 27 s/d 28 Juli 2017 bertempat di kompleks Bukit Kasih, Kanonang Kecamatan Kawangkoan Barat.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi didampingi Plh Sekdis Jimi Pinangkaan SE MSi menyampaikan hal tersebut pada Senin (10/7) siang di Kantor Disbudpar Minahasa.

Dikatakan Tumundo bahwa kegiatan tersebut digelar dalam rangka mensukseskan Pesona Minahasa 2017, disamping untuk melestarikan Seni dan Kebudayaan Daerah di tanah Minahasa.

Ditambahkanya, bahwa kegiatan itu merupakan bagian pula dalam masyarakat Minahasa merayakan Hari Pengucapan Syukur pada hari Minggu, 23 Juli 2017 nanti.

Sementara Kepala Bidang Pariwisata Ir Diane Najoan selaku Ketua Panitia dan Sekretaris Panitia Joppy Jerry Rarung mengatakan bahwa untuk Lomba Tarian Maengket dan Lomba Musik Bambu akan dilaksanakan pada Kamis 27/7 dan Lomba Tarian Katrili dan Lomba Musik Kolintang pada Jumat 28/7, yang dimulai pada pukul 09.00 Wita hingga selesai.

“Untuk kategori peserta Lomba Tarian Maengket yaitu masyarakat umum utusan Kecamatan se-Kabupaten Minahasa, sedangkan katogori peserta Lomba Tarian Katrili yaitu siswa SMP, SMA dan SMK se-Kabupten Minahasa” urai Najoan.

Sementara untuk kategori peserta Lomba Musik Bambu dan Musik Kolintang, lanjut Najoan, yaitu kelompok masyarakat umum atau Tumpukan Musik Bambu dan Musik Kolintang yang berdomisili di Provinsi Sulawesi Utara.

Sedangkan jenis-jenis hadiah bagi kegiatan yang dilombakan ini meliputi Trophy Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Trophy Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Trophy Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Trophy Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Trophy Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Ny Seeve Korengkeng-Warouw SSos dan Trophy Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa Agustivo Tumundo SE MSI, dengan Uang Tunai meliputi Juara I sejumlah Rp 5.000.000, Juara II Rp 3.000.000, dan Juara III Rp 2.000.000,- bagi setiap kategori lomba.

“Seluruh peserta lomba di semua kategori diundang untuk mengikuti Technical Meeting pada hari Jumat, 14 Juli 2017 pukul 09.00 Wita bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa” harap Najoan sekaligus mengharapkan semua pihak untuk turut mendoakan dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut.

(Visited 410 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *