Dibuka Ivansa, Pertama di Gelar Festival Bukit Kasih Pertandingkan Tarian dan Musik Adat Minahasa

( Foto cover : Pemukulan Tetengkoren tanda Festival Bukit Kasih resmi di gelar) 
Tarian Maengket Kecamatan Kawangkoan
Tarian Maengket Kecamatan Kawangkoan

SulutPos.com, Kawangkoan – Festival Bukit Kasih resmi dibuka. Kegiatan yang menampilkan dan mempertandingkan Tarian serta Musik tradisional Minahasa yang untuk pertama kali digelar dan diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa ini dibuka Wakil Bupati Ivan Sarundajang pada Kamis ( 27/07)

Kegiatan diawali dengan laporan Plt Dinas Pariwisaat dan Kebudayaan Agustifo Tumundo SE M.Si yang menjelaskan teknis Festival Bukit Kasih dimana akan memperlombakan 4 (jenis) seni dan budaya daerah Minahasa, meliputi Lomba Tarian Maengket, Lomba Tarian Katrili, Lomba Musik Bambu dan Lomba Musik Kolintang.

” Lomba Tarian Maengket akan diikuti oleh utusan Kecamatan se-Kabupaten Minahasa dimana tiap peserta wajib membawa 2 (dua) babak. Sementara untuk Lomba Tarian Katrili akan diikuti oleh utusan siswa SMP, SMA dan SMK se-Kabupten Minahasa dengan membawakan lagu Wals dan Mars. Sedangkan untuk Lomba Musik Bambu akan diikuti oleh Kelompok Musik Bambu umum yang berada di wilayah Sulawesi Utara dengan membawakan lagu wajib “O Ina Ni Keke” dan lagu pilihan bebas daerah atau nasional. Dan untuk Lomba Musik Kolintang akan diikuti oleh Kelompok Musik Kolintang umum di wilayah Sulawesi Utara dengan membawakan lagu wajib bebas daerah dan lagu pilihan bebas,” ujar Tumundo yang kala itu didampingi Plh Sekdis Jimi Pinangkaan SE MSi pun menjelaskan bahwa

Kepala dinas Pariwisata dan Budaya Sulut Daniel Mewengkang SE M.Si mengajak kepada semua pihak untuk melestarikan budaya Minahasa sebagai identitas yang menandakan bahwa warga Sulut tak terpecah-pecah.

” Kembangkan budaya untuk pariwisata. Budaya merupakan kekayaan yang mampu memperkenalkan Minahasa dan Sulut bahkan Indonesia kepada dunia internasional ,” terang kadis.

Sementara itu Wakil Bupati Minahasa Ivan SJ Sarundajang, saat membacakan sambutan Bupati Minahasa, mengatakan melalui kegiatan ini di harapkan Minahasa mampu mempromosikan potensi wisata dan budaya dalam rangkah menunjang kebangkitan pariwisata Sulut sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia.

” Sektor pariwisata di yakini akan mampu mendongkrak industri lainnya dalam rangkah peningkatan kesejateraan masyarakat. Apalagi kegiatan ini terkait dengan program Pesona Minahasa yang telah bergulir sejak Januari hingga Desember 2017 ,” ucap Ivansa, sambil mengapresiasi panitia pelaksana yang telah mempersiapkan segala sesuatunya demi suksesnya kegiatan ini. Sambil melanjutkan dengan pembukaan kegiatan yang di tandai dengan pemukulan tetengkoren.

Terkait kegiatan ini Pemerhati Budaya asal kanonang yang juga merupakan hukum tua Djenli Kasenda sanggat mengapresisi pagelaran festival Bukit kasih ini, sambil berharap dinas terkait dapat terus mengelar dan memperkenalkan budaya Minahasa sampai ke anak sekolah Dasar, ” Kami sangat mengapreasi kegiatan yang di gelar ini. Ini yang pertama. Kita harus mengangkat budaya karena jika tidak ada budaya maka pariwisata sangat susah berkembang dan kegiatan seperti Ini perlu, dan kalu bisa di buat secara rutin, kedepan lebih digalakan agar dapat diperkenalkan disetiap sekolah, dan harapan budaya minahasa yang sudah mulai terkubut dapat digali sehingga akan lebih dikenal,” Katanya.

Adapun hadiah yang bakal diperebutkan menurut Kepala Bidang Pariwisata Ir Diane Najoan selaku Ketua Panitia dan Sekretaris Panitia Joppy Jerry Rarung SE meliputi Trophy Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Trophy Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Trophy Sekdakab Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Trophy Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Trophy Ketua DWP Minahasa Ny Seeve Korengkeng-Warouw dan Trophy Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSI, dengan Uang Tunai total nilai sejumlah Rp 50 Juta.
( Ody)

(Visited 119 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *