Hadiri Konferensi Kerja PGRI, Bupati Sajow Minta Para Guru Jalani Tugas Dengan Baik dan Bertanggung Jawab

( Foto cover : Penanda tanganan Prasasti Peresmian Gedung Sekolah dan Kelas Baru di Minahasa oleh Bupati Drs Jantje W Sajow) 

Sulutpos.com, Tondano – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Minahasa, Jumat (07/07), menggelar Konferensi Kerja Kabupaten tahun 2017, bertempat di Wale Ne Tou Tondano.

Ketua PGRI Minahasa Drs Arody Arely Tangkere MAP dalam laporan kegiatannya mengatakan, kegiatanya merupakan agenda tahunan yang di gelar PGRI dan diikuti seluruh anggota PGRI di Minahasa yang kemudian disebut Konferensi Kerja Kabupaten.

“Dalam Konferensi Kerja Kabupaten ini, akan ada agenda sidang, melalui komisi-komisi, dimana Komisi A akan membahas masalah organisasi yang dimulai dari program kerja, peningkatan kualitas dan kemandirian organisasi, advokasi dan perlindungan hukum, serta hubungan kerjasama antar lembaga, Komisi B membahas peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan, pemberdayaan perempuan, serta karir profesi dan Komisi C membahas keuangan dan kesejahteraan yakni kesejahteraan guru, kerohanian dan koperasi,” terang Tangkere.

Tangkere juga menyampaikan sejumlah program strategis yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Periode 2017-2018 diantaranya, Merger Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada tingkat Sekolah Dasar.

“Kebijakan ini dilakukan dalam rangka mengatasi dan memberikan solusi terhadap masalah kekurangan guru SD, terbatasnya ruang kelas dan kekurangan jumlah siswa di setiap sekolah. Merger KBM ini terdiri dari 106 SD dengan 46 kelompok yang tersebar di 12 Kecamatan. Sekolah-sekolah pelaksana program ini ditetapkan atas pertimbangan rasio jumlah guru dan murid serta jarak sekolah, dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 15 tahun 2010, tentang standart pelayanan minimal pendidikan dasar di Kabupaten/ Kota,” pungkas Tangkere.

Sementara, Ketua PGRI Sulawesi Utara Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, yang juga selaku Bupati Minahasa, dalam sambutannya menyampaikan, anggaran untuk dunia pendidikan sebelumnya hanya sekitar 9 persen dari APBN. Namun karena ada gugatan PGRI melalui Mahkamah Konstitusi maka anggaran bagi dunia pendidikan mengalami kenaikan menjadi sekitar Rp 400 Triliun, untuk seluruh pendidikan di Indonesia. Hal ini menyebabkan para guru bisa menikmati kesejahteraan, karena bisa juga mendapatkan tunjangan sertifikasi.

“Guru sekarang dibanding dengan guru jaman dulu jauh lebih sejahterah. Banyak tunjangan yang diterima karena pemerintah sekarang sangat memperhatikan dunia pendidikan. Untuk itu, jalanilah tugas sebagai guru dengan baik dan bertanggung jawab,” kata JWS.

JWSpun berpesan kepada para Kepsek di Minahasa agar mengelolah sekolah dengan baik agar sekolah itu tidak tutup, serta diharapkanya agar guru mampu membuat pemerataan antara guru dan anak didik.

“Sedikit banyak guru dan murid yang ada harus tetap menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Kepsek harus jelih dalam pemerataan pengajar dalam kelas sehingga agar proses belajar mengajar terus berjalan baik dan maksimal,” ujanya.

Dengan maraknya oknum-oknum LSM yang datang ke sekolah dan melakukan hal-hal seolah-olah sedang menyelidiki. ditegaskan agar para kepsek jangan memberi imbalan apapun, baik data atau berkas-berkas maupun uang. ” Jangan biarkan kinerja guru terganggu oleh ulah-ulah oknum mengatasnamakan LSM yang tidak bertanggung jawab ini. Laporkan bila sudah sangat merasakan dan mengganggu aktifitas di sekolah,” pungkas JWS sembari menyampaikan selamat menjalankan Konferensi Kerja Kabupaten tahun 2017 bagi PGRI.

Dalam acara ini, Bupati JWS Melaunching Marger Kegiatan Belajar Mengajar Tahun 2017-2018 dan menandatangani sejumlah Prasasti Peresmian Gedung Sekolah dan Kelas Baru di Minahasa.

Dan memeriahkan kegiatan Konferensi kerja para peserta disuguhkan dengan suara merdu siswa SDN 2  Tondano yakni Sherensia Wolayan dan siswa SMPN 1 Tondano Charlie Sajow yamh melantunkan lagu “Guruku Kau Teladanku” Ciptaan Bupati JWS,

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Minahasa DR Olga Sajow-Singkoh MHum, Ketua FKUB Minahasa Pdt Evert Tangel STh MPdK, Sekretaris PGRI Sulut Drs Donald Wagey MBA, Plt dan seluruh Guru-guru Anggota PGRI di Minahasa.( Ody)

(Visited 247 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *