Ribuan Umat Katolik Saksikan Pentahbisan Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Untu

(Foto cover : Uskup Manado saat memberikan berkat pada umat yang ada di Stadion Maesa, Tondano) 

Pentahbisan Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Untu MSc, menggantikan Mgr Joseph Theodorus Suwatan MSc, sebagai Uskup Keuskupan Manado. Keuskupan Manado sendiri meliputi Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo, dan Provinsi Sulawesi Tengah.


Sulutpos.com, Tondano – Warga Gereja Katolik yang ada di seluruh penjuru Sulawesi Utara pada Sabtu, (08/07), yang diperkirakan kurang lebih 2500 orang ini turut menyaksikan pelaksanaan Pentahbisan Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Untu MSc, menggantikan Mgr Joseph Theodorus Suwatan MSc, sebagai Uskup Keuskupan Manado, bertempat di Stadion Maesa Tondano.

Dengan diawali pembacaan surat pengangkatan dari Tahta Suci, Misa pentahbisan ini dipimpin Dubes Vatikan untuk Indonesia, Mgr Antonio Guido Filipazzi, dihadapan para Uskup se indonesia, hadir juga perwakilan uskup Papua New Guinea.

Usai melantik Uskup Benedictus Estephanus Untu, Uskup Antonio kemudian berpesan kepada Uskup yang baru ditahbiskan agar bisa menjalankan fungsi kepemimpinan dengan baik dan memiliki hubungan personal yang penuh kasih dengan Kristus Yesus dan umat, serta sanggup menggembalakan kawanan domba.

“Hiduplah dalam kesucian dan semoga anda diberkati dan tetap menjaga kesucian dan mampu menerangi kawanan yang dipercayakan. Jadilah sempurna dalam kasih dan kesucian akan Allah,” ungkapnya.

Sementara, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dalam sambutannya menyambut baik kedatangan Uskup Manado yang baru serta memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Uskup lama Joseph Suatan MSc, selama menjalankan tugas sebagai Uskup di Manado hingga selesai.

“Pertama-tama kita bersyukur karena Pentahbisan Uskup Manado yang baru ini bisa berjalan sukses. Kami menyambut dan menyampaikan selamat menjalankan tugas sebagai Uskup yang baru di Manado kepada Mgr Benedictus Eatephanus Untu MSc dan terima kasih kepada Mgr Joseph Suatan MSc yang telah menyelesaikan tugas pelayanan sebagai Uskup di Manado dengan baik,” ujar Dondokambey.

Kiranya juga Uskup yang baru, lanjut Gubernur Olly, dapat berainergi dengan baik dengan Pemerintah dalam pembangunan, yang tentunya sebagai tokoh rohani membangun dalam bidang karakter dan kerohanian untuk menciptakan generasi-generasi yang takut akan Tuhan sehingga Sulut semakin diberkati.

Adapun Acara Pentahbisan ini dihadiri Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandow dan Pejabat Pemprov Sulut, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow dan Ketua TP PKK Minahasa Dr Olga Sajow Singkoh MHum, serta para Pejabat Pemkab Minahasa, sejumlah Kepala Daerah, dan Umat Katolik di Sulut.( Ody)

(Visited 417 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *