Terkait Polemik Masyarakat Lahendong, PT Pertamina Belum Keluarkan Pernyataan Resmi

Foto: Lahan Persawahan Desa Lahendong yang tekena Limbah PT Pertamina Geothermal Energy pada tahun 2013.


SulutPos.com, Tomohon – Belum jelasnya persoalan antara warga Lahendong dengan Lurah Kelurahan Lahendong, terlihat dalam pernyataannya masing-masing kubuh, saling claim paling benar. (Baca: Keluhkan Kinerja Oknum Lurah, Perwakilan Warga Lahendong buat Petisi Pergantian Lurah)

Salah satu point yang dikeluhkan warga adalah ‘Bantuan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) ke Kelurahan Lahendong’ sehubungan dengan Limbah PT PGE pada tahun 2013. (Baca: Bantah Keluhan Warganya, Lurah Lahendong Dinilai ‘Berbohong’)

Menurut Warga, Bantuan itu diperuntukan bagi para petani sawah sebagai bentuk kompensasi. Bantuan yang diserahkan oleh PT PGE diterima langsung oleh Lurah Kelurahan Lahendong, baik dalam bentuk tunai (uang) maupun non tunai (bahan). Akan tetapi, bantuan itu tidak pernah sampai ke tangan para petani.

Dilain pihak, Lurah Kelurahan Lahendong, Selvy Datu, menilai keluhan itu tidak benar. Menurutnya, warga ataupun salah satu tokoh masyarakat sudah pernah mengkonfirmasi hal itu ke pihak PT PGE, sehingga masalah ini sudah jelas, “Apakah bantuan PT Pertamina tunai atau bahan, mereka (warga) sudah tahu,” kata Datu.

Dibagian lain, Ketika dikonfirmasi, PT PGE belum dapat memberikan klarifikasi terkait bantuan-bantuan ke kelurahan Lahendong.

Kepada wartawan media ini, (10/7/2017), security PT PGE mengatakan bahwa Kepala Bagian Humas tidak berada ditempat (kantor), “Kabag Humas lagi keluar makan siang dengan Walikota,” katanya singkat.

Sebelumnya, pada Jumat (7/7/2017), wartawan media ini juga sudah mencoba mengklarifikasi hal ini ke PT PGE. Salah satu staf Bagian Humas, Mecky Pangalila, menolak memberikan keterangan. Menurut Pangalila itu bukan kewenangannya, “Maaf ya, itu bukan wewenang saya untuk memberikan keterangan detail, saya masih punya atasan. Nanti kalau mau datang lagi kesini kapan….kalau hari ini belum bisa karena Kabag Humas lagi sibuk, lagi menerima kunjungan adik-adik mahasiswa dari UGM,” jelas Pangalila. (Maxi Rompas)

(Visited 2.106 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *