86 Tahanan Rutan Amurang Terima Remisi, 1 Langsung Bebas

Foto cover : Bupati Christiany Eugenia Paruntu,SE bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-72 di Rutan Amurang, sekaligus menyerahkan secara simbolis SK Penerimaan Remisi bagi para tahanan.


Sulutpos.com, Amurang – Sebanyak 86 tahanan yang merupakan warga binaan di Rutan Amurang mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan.

Pemberian remisi tersebut dilaksanakan melalui upacara bendera, Kamis 17 Agustus 2017 dalam momentum HUT RI ke 72 yang dilaksanakan di lapangan Rutan Amurang di desa Teep Trans, Kecamatan Amurang Barat.

Sebagai inspektur upacara Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu,SE dalam membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI menghimbau agar para jajaran pemasyarakatan di Rutan Amurang untuk menjaga kebersamaan, senantiasa menjalankan tugasnya dengan profesional, dan tetap menjaga situasi yang aman.

“Indonesia memerlukan orang yang mau bekerja secara pasti, yaitu profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif. Hukum dan HAM adalah satu kesatuan dan tidak bisa dipisahkan, yang dapat tercermin dari kebijakan revitalisasi dan reformasi hukum. Hukum dan HAM menjadi dasar dari proses kebijakan tersebut, mulai dari pelayanan publik, penyelesaian kasus, penataan regulasi, pembenahan managemen perkara, penguatan SDM, penguatan kelembagaan, hingga penguatan budaya hukum,” tutur Paruntu.

Dibagian lain Kepala Rutan Amurang Marulye Simbolon ketika diwawancara usai upacara tersebut menjelaskan, bahwa dari 86 yang mendapat remisi, 1 orang diantaranya dinyatakan bebas.

“Sebelumnya telah diusulkan ada 88 orang untuk menerima pengurangan masa tahanan atau remisi, namun 2 diantaranya yang merupakan tahanan dengan kasus korupsi masih menunggu persetujuan dari pusat. Adapun remisi yang diterima bervariasi mulai dari 1-5 bulan,” ujar Simbolon sembari menambahkan bahwa untuk pemberian remisi ini merupakan hak dari seluruh warga binaan selama dalam masa tahanan menjaga prilaku baik.

Turut hadir pada upacara yang dimulai sekitar pukul 07.30 wita tersebut, Wakil Bupati Franky Donny Wongkar,SH, Sekda Drs Danny Rindengana,MSi, Ketua DPRD Jenny J. Tumbuan,SE, Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana,SH,SIK,Msi, serta sejumlah pejabat Pemkab Minsel. (Andre Dotz)

(Visited 209 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *