Diduga Serobot Wilayah, Pemkab Minahasa Polisikan Oknum Ketua BPN Manado

( Foto cover : Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi) 

Sulutpos.com, Tondano – Pemerintah Kabupaten Minahasa ( Pemkab) tempuh jalur hukum terkait Dugaan Penyerobotan Wilayah yang dilakukan Oknum BPN kota Manado.

Langkah yang diambil dengan melaporkan Kepala BPN Ronny A Waworuntu SH, MAP alias RAWA masuk kepihak Kepolisian berdasarkan Surat Tanda Terima Laporan polisi/ pengaduan STTLP/ 602.a/VIII/2017/SPKT tertanggal 09 Agustus 2017 melalui Kepala Bagian Hukum Setdakab Minahasa Willem P Nainggolan dan diarahkan ke Paolda Sulut yang diterima langsung Briptu Stevie Tanghulihi, mengetahui Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian terpadu KA Siaga III Kompol MT Rumopa.

Adapun pelapor ( Nainggolan) melaporkan Waworuntu kepihak berwajib ini dikarenakan terlapor telah menyalah gunakan wewenangannya sebagai Kepala BPN Manado dengan memalsukan Dokumen Negara Berupa Sertifikat Hak Milik, dengan kronologisnya terlapor ini mencoret buku tanah hak milik Desa Sawangan yang adalah wilayah Kabupaten Minahada dan diubah menjadi Desa Paal IV Pemkot Manado.

” Nomor hak milik 388 di coret serta di ganti 354 selanjutnya surat ukur nomor 2971 di coret dan di ubah menjadi nomor 74 serta tahun 1982 di ubah menjadi tahun 2013. Kemudian dalam buku hak milik kepemilikan tanah tersebut tercatat terletak di kabupaten Minahasa kecamatan Pineleng Desa Sawangan telah di ubah dan menjadi Kota Manado kecamatan Tikala Desa Paal IV, ” Terang Nainggolan. Kepada wartawan saat dikonfermasi pada Selasa (15/08)

” Padahal sesui dengan PP nomor 22 tahun 1988 perubahan batas wilayah Kota Madya Dati II Manado dan kabupaten Dati II Minahasa bahwa sertifikat tersebut tercatat dalam wilayah pemerintahan kabupaten Minahasa yaitu Desa Sawangan kecamatan Pineleng kabupaten Minahasa, ” Lanjutnya

Menanggapi Dugaan Penyerobotan wilayah minahasa oleh Oknum BPN Manado ini Bupati JWS Sapaan akrab nya menduga masih ada kasus lain yang serupa yang belum diketahui yang terjadi di batas wilayah Minahasa – Manado yang secara tiba – tiba telah memiliki sertifikat hak kepemilikan dan dikeluarkan BPN Manado dan otomatis menjadi milik pemkot Manado.

” Ada dugaan dimana BPN Manado terlibat dalam pembuatan sertifikat tanah di wilayah Hukum Minahasa. seperti di sekitaran Meditrania, Citraland, dan Ringroad arah Bandara sebelah kanan yang adalah wilayah Minahasa, tapi diduga sudah bersertifikat hak milik dan dikeluarkan pihak BPN Manado. Masalah ini sudah kami laporkan ke Polda Sulut dan kiranya ini menjadi pintu masuk juga bagi penyelidikan dalam pembuatan sertifikasi tanah di batas Minahasa dan Manado,” ujar Bupati.

Sementara pihak Polda sendiri membenarkan akan laporan yang diajukan pihak Pemkab Minahasa” Kami sudah menerima laporan ini dan akan kami proses sesuai dengan hukum yang berlaku, ” Kata Taghulihi.

(Visited 274 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *