Gelar TP4D, Kumtua Se Kabupaten Minahasa Diminta Kelola DD Dengan Baik

( Foto cover : Sosialisasi TP4D oleh Kejaksaan Negeri Minahasa di Gedung BPU Tondano) 

Sulutpos.com, Tondano – Kejaksaan Negeri (Kejari) pada ( 24/08) Menggelar sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di Balai Pertemuan Umum ( BPU) Tondano.

Pelaksana Harian Kepala Kejari serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa bertindak sebagai pemateri. Sementara sosialisasi itu dihadiri oleh para Hukum Tua (Kumtua) di Kabupaten Minahasa.

Kasi Intel Kejari Minahasa, Ryan Untu MH mengatakan kegiatan tersebut merupakan program secara serentak se Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada aparat pemerintahan terkait tugas dari TP4D.

“Kami berharap aparat pemerintahan bisa memahami tugas dari TP4D, itulah tujuan utama dilaksanakan sosialisasi ini,” tukas Untu.

Lanjutnya, untuk kali ini pihaknya lebih fokus terkait pengelolaan Dana Desa (DanDes) oleh para Kumtua di Minahasa. sehingga diharapkan para Kumtua bisa memahami benar bagaimana proses pengelolaannya.

Sehingga nantinya tidak terjerat dengan masalah Hukum karena pengelolaannya secara benar.

“Pertama tugas TP4D adalah untuk mengawal dan mengamankan sehingga tidak ada kesalahan dalam pengelolaan. Tapi kami pula ada tugas penindakan jika ada penyalahgunaan,” jelas Untu.

Dirinya berharap berbagai materi yang disampaikan kepada para Kumtua bisa benar dipahami dan diimplementasikan dalam pengelolaan DanDes di masing –masing Desa.

Nampak hadir pula Kasi Datun Kejari Minahasa, Parsaoran Simorangkir SH yang juga bertindak sebagai pemateri.( Ody)

(Visited 114 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *