Sempat Bersitegang, Polres Minahasa Gelar Mediasi Dua Desa di Kecamatan Kakas Barat dan Langowan Timur

( Foto cover : Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK, SH saat memberikan pengarahan di Dua Desa yang bersitegang)

IMG_20170829_225007

Sulutpos.com, Langowan – Setelah sempat bersitegang akibat terjadinya permasalahan, Akhirnya Polres Minahasa Mengelar mediasi terhadap dua Desa di dua Kecamatan yakni Desa Panasen Kecamatan Kakas Barat serta Desa Sumarayar Kecamatan Langowan Timur pada Selasa (29/08) tepatnya di halaman keluarga Sumolang – Saerang.

Mediasi yang dihadiri langsung Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK, MH ini menghadirkan Hukum Tua Steven Leo Tikoh ST, Kumtua Desa Panasen, Jefry Mumu Kumtua Desa Sumarayar, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta warga didua Desa.

Kapolsek Langowan Iptu Mardy FC Tumanduk SH, saat melaporkan pokok persoalan sehingga digelarnya Mediasi ini dikarenakan terjadinya permasalahan antar warga Desa Sumarayar dan Desa Panasen pada Minggu (27/08) yang berakibat terjadinya keributan dan hampir berujung pada perkelahian antar Desa.

Sementara Kapolres Minahasa kepada warga dua Desa yang hadir mengatakan dalam menjadikan desa itu aman dan damai perlu ada kesadaran dari warga, terlebih adanya pembinaan dari para orang tua ke kaula muda untuk tidak melakukan kejahatan yang nanti bakal berdampak pada hukum dan berakibat masuk kerana pidana namun berusaha melakukan yang baik sambil membina keakraban dan persatuan antar sesama maupun antar Desa.

” Banyak persoalan kecil menjadi besar, Untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan perlu ada kesadaran dari warga itu sendiri, jadi kepada orang tua mari arahkan orang muda untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum yang berakibat pada pidana, karena setiap pelanggaran yang melanggar pasal 170 KUHP, yang berakibat pada penganiayaan maupun pengrusakan maka tidak akan dibiarkan pasti akan ditindak lanjuti, ” Ujar Kapolres.

Lebih lanjut dikatakannya, keamanan dan kenyamanan akan terwujud jika warga taat hukum dan ada saling memaafkan, “Masyarakat harus sadar hukum dan jangan sampai kita yang jadi korban ataupun tersangka. Saya mengajak masyarakat untuk menjaga ketertiban agar tercipta kenyamanan dalam lingkungan kita dan saling menjaga juga saling memaafkan” Terannya.

Dalam kesempatan itu Aiptu Jony Rumagit yang juga adalah warga Desa Panasen mengatakan menginggat persoalan antara desa Panasen dan Desa Sumarayar sudah beberapa kali terjadi maka diminta pihak berwajib dapat menindaklanjuti permasalahan itu dan diproses sesuai hukum yang berlaku agar ada kepastian hukum. Begitupun dengan Sekretaris Desa yang mempertanyakan cara pembinaan pemerintah Desa Sumarayar kepada Masyarakatnya.

Turut hadir dan menyaksikan mediasi ini akan Kasat Intel Polres Minahasa Iptu J Trisko .Kapolsek Langowan Iptu Mardy F C Tumanduk SH. Kapolsek Kakas Iptu H Rorong. KA sub sektor Langowan Barat Iptu S Korua . Camat Langowan Timur Ir Siska Maseo MAP, Camat kakas Barat Jefry Tangkulung SH.MAP.Hukum Tua Desa Sumarayar Kecamatan Langowan

(Visited 364 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *