BPS Kota Tomohon bersama Pemkot Gelar Expose Data Statistik Kota Tomohon 2017

Foto: Sekretaris Daerah Kota, Ir Harold Lolowang MSc, saat membawakan sambutan Walikota Tomohon dalam kegiatan Gelar Expose Data Statistik Kota Tomohon 2017. 


SulutPos.com, Tomohon – Dalam rangkaian Hari Statistik Nasional (HSN) 2017 yang diperingati  tanggal 26 september 2017, Badan Pusat Statistik Kota Tomohon bekerjasama dengan Pemkot Tomohon menggelar kegiatan Expose Data Statistik BPS yang dilaksanakan di Aula Kawanua Cottage Tomohon  (28/9/17).

Walikota Tomhon, Jimmy Feidie Eman  SE Ak, yang diwakili Sekretaris Daerah Ir. Harold Lolowang MSc, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan Expose Data yang dilakukan oleh BPS Kota Tomohon ini sangat penting dalam rangka memperkenalkan data-data statistik yang telah dihasilkan oleh BPS Kota Tomohon dalam tugasnya memotret fakta sosial dan ekonomi yang telah terjadi di Kota Tomohon.

“Selain itu, saya mengajak pada semua jajaran pemerintah kota Tomohon untuk berkoordinasi dan bekerjasama dalam menghasilkan data yang berkualitas, sehingga perencanaan pembangunan dapat disusun dengan tepat sesuai kenyataan yang ada. Dengan data yang akurat maka kesejahteraan masyarakat akan terangkat,” kata Sekot membacakan sambutan Walikota Eman.

Dikatakannya, peran BPS sangatlah penting, data statistik yang dihasilkan oleh BPS  merupakan rujukan, pedoman di dalam pemerintah memformulasikan kebijakan, merencanakan pembangunan baik nasional, sektoral maupun regional dalam arti daerah dan data yang dihasilkan yakni hasil statistik dan hasil sensus.

“Sangat penting untuk evaluasi, koreksi, dan perbaikan, baik itu kebijakan, rencana, program, dan tentunya termasuk anggaran yang kita keluarkan. Bahkan apa yang dihasilkan bps itu juga berguna untuk telaah dan debat publik yang tentu tujuannya untuk melakukan koreksi dan penyempurnaan dari pembangunan yang kita laksanakan bersama ini,” papar Sekot Lolowang.

Mana yang sudah tepat dan baik, Sekot melanjutkan, dan hasil survey BPS mengatakan demikian, misalnya, tentu harus kita pertahankan, mana-mana yang kurang tepat atau belum baik tercermin dari apa yang dihasilkan oleh bps tentu juga harus kita lakukan koreksi dan perbaikan.

“Sesuai dengan tema peringatan Hari Statistik Nasional 2017, yaitu “Kerja Bersama Dengan Data”, hal ini bermakna bahwa dalam menghasilkan data kita harus bekerja bersama, saling membantu dan saling mengoreksi. Data statistik bukan hanya data yang ada di BPS atau bukan hanya tugas BPS.  Tetapi data statistik terdapat juga di setiap instansi dan perusahaan. Data – data itu harus dihasilkan dengan akurat, tepat dan up to date. Sehingga data-data di seluruh sektor dapat dikolaborasikan menjadi data yang  bermanfaat,” kata Sekot Lolowang mengakhiri sambutan Walikota Tomohon.

Hadir juga dalam kegiatan ini, kapolsek Tomohon Selatan, Teddy Lengkong SH, narasumber Kepala BPS kota Tomohon, Hirsfeld Manullang SSi MSi, Kasie Integrasi Pengelolaan dan Diseminasi Statistik, Mohamad Samsudin SST MSi, serta para peserta Expose Data dari Dinas terkait, dan para pengusaha di Kota Tomohon. (marthen alow)

(Visited 137 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *