Diterima Walikota Eman, Kakanwil BPN Sulut Sampaikan Progress Program PTSL

Foto: Kunjungan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil ) Badan Pertanahan Nasional (BPN)  Sulawesi Utara,  Fredy A  Kolintama ST MSi ke Pemkot Tomohon, diterima langsung oleh Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman SE Ak.


SulutPos.com, Tomohon – Dalam rangka menyampaikan progress dari program Pendataan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Tomohon, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil ) Badan Pertanahan Nasional (BPN)  Sulawesi Utara,  Fredy A  Kolintama, ST MSi, mengunjungi Kota Tomohon dan diterima langsung oleh Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman SE Ak, di Kantor DPRD Kota Tomohon, Kamis (27/9/17).

Kolintama mengatakan, sampai dengan bulan September ini baru sekitar 2000 bidang tanah yang telah didaftarkan untuk diterbitkan sertifikat melalui program ini, sementara untuk target Kota Tomohon sampai akhir tahun 2017 ini adalah 10.500.

“Sementara untuk target tahun 2018, tidak ada lagi bidang tanah di Kota Tomohon yang tidak bersertifikat,”ungkap Kolintama,” jelas Kolintama.

Disamping itu, Kolintama berharap, kiranya program ini akan mendapat dukungan sepenuhnya dari pemerintah dan masyarakat kota Tomohon. karena program ini merupakan program jemput bola dari BPN yang dilaksanakan secara nasional, yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh surat kepemilikan tanah/sertifikat tanah dalam rangka menjamin kepastian hukum atas tanah yang dikuasainya.

“Apabila Kota Tomohon dapat mencapai target, maka BPN akan berupaya penyerahan sertifikat yang nantinya akan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Kota Tomohon,” tutup Kakanwil.

Menanggapi harapan BPN, Walikota Tomohon mengatakan bahwa Pemerintah Kota Tomohon memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya terhadap program ini. Walikota Eman meresponnya dengan minta kepada Camat dan Lurah, selaku ujung tombak di lapangan untuk memfasilitasi BPN dan masyarakat dalam melaksanakan program ini.

“Tingkatkan koordinasi dan berikan dukungan terhadap program ini dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku. Jangan lakukan hal2 yang justru menghambat program ini, atau bahkan yang dapat mengakibatkan masalah hukum. Saya minta juga kepada Perangkat Daerah terkait antara lain Inspektur dan para asisten, untuk meningkatkan pengawasan di lapangan,” kata Walikota Eman.

Saya juga berharap, lanjut Eman,  agar masyarakat Kota Tomohon dapat menanggapinya dengan baik program PTSL, karena program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam menjamin kepastian hukum hak atas tanah yang dikuasai.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil Wali Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan, Ketua DPRD Kota Tomohon, Ir. Miky J.L. Wenur,  Wakil Ketua DPRD Youdy Y. Moningka, SIP,  Sekda, Ir. H.V. Lolowang, Inspektur Kota, Para Asisten dan Kabag Humpro serta Kepala BPN Kota Tomohon, Christanto, R.B.(marthen alow)

(Visited 57 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *