Operasionalisasi dan Pengembangan UPT Kemetrologian Daerah

Foto: Kegiatan operasionalisasi dan pengembangan UPT kemetrologian daerah, Kamis (14/9/17).


SulutPos.com, Tomohon – Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian menggelar kegiatan operasionalisasi dan pengembangan UPT kemetrologian daerah, dilaksanakan di Restoran Colorful, Kelurahan Woloan Satu Utara, Tomohon Barat, Kamis (14/9/17).

Kadis perdagangan dan perindustrian Kota Tomohon, Ruddie A Lengkong SSTP, sebagai pihak penyelenggara menjelaskan kegiatan ini sangat penting dalam rangka memberikan pemahaman terhadap perlindungan konsumen kaitan dengan urusan metrology.

Terlebih saat ini, tegas Lengkong, Kota Tomohon mengalami peningkatan pesat dalam pertumbuhan dan aktivitas usaha-usaha perdagangan.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap konsumen di bidang metrology legal atau kaitannya dengan cara pengukuran, dan demi terciptanya perlindungan kepentingan umum, jaminan dalam kebenaran pengukuran, ketertiban dalam penggunaan alat UTTP (ukur, takar, timbang, dan perlengkapan lainnya), dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standart satuan, metode pengukuran dan UTTP,” papar Kadis Lengkong.

Sementara itu, Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak, melalui Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc, saat membuka kegiatan, mengharapkan agar dapat bermanfaat, kaitannya dengan pengembangan potensi perdagangan yang ada di Kota Tomohon, guna mendorong berkembang dan meningkatnya kreativitas untuk memaksimalkan jaringan, peluang dan bisnis untuk memperoleh perubahan yang tidak sekedar keuntungan, namun juga melindungi kepentingan umum serta memberikan jaminan kebenaran hasil pengukuran.

“Melalui kegiatan ini diharapkan pula dapat membawa manfaat yang besar untuk meningkatkan perdagangan yang berwawasan bersih antara konsumen dan pelaku usaha, meningkatkan kesadaran, pengetahuan, kepedulian, kemampuan, kemandirian untuk melindungi diri serta bertanggung jawab,” kata Lolowang mengutip sambutan Walikota Tomohon.

Narasumber dalam kegiatan tersebut kepala seksi pengawasan, perlindungan konsumen dan tertib niaga dinas perindustrian dan perdagangan Provinsi Sulut Arnold Kindangen SE, bersama fungional metrologi dinas perindustrian dan perdagangan Kota Manado J Albert Paat ST.

Hadir sebagai peserta para perwakilan pelaku usaha di Kota Tomohon dan konsumen stakeholder terkait. (marthen alow)

(Visited 89 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *