Pagelaran Seni Budaya Minahasa, Eman: Salah Satu Metode Filterisasi Arus Global

Foto: Pagelaran Seni Budaya Minahasa Sena’ Um Wanua RBN Wale Ma’zani Minahasa, Kamis, (28/9/17).


SulutPos.com, Tomohon – Pagelaran Seni Budaya Minahasa Sena’ Um Wanua RBN Wale Ma’zani Minahasa, bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon sukses digelar.

Kegiatan dihadiri langsung Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak, bertempat di Amphitheater Ma’zani, Kelurahan Pangolombian, Tomohon, Kamis malam, (28/9/17).

Pagelaran Seni Budaya (Inzet Walikota Tomohon
Pagelaran Seni Budaya (Inzet: Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman SE Ak).

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak, dalam sambutannya, mengatakan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi memberikan dampak positif dan negatif di abad 21 ini. Kuatnya arus budaya asing yang masuk hingga pelosok desa, ternyata juga memberikan ancaman pada upaya pengembangan dan pelestarian seni budaya lokal.

Tarian Maengket
Tarian Maengket.

“Malam hari ini Pemerintah Kota Tomohon memberikan apresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah dan Wale Mazani atas pelaksanaan pagelaran seni budaya, ini merupakan salah satu metode filterisasi arus global, tempat ini kedepan layak untuk diberikan perhatian dan akan ditopang oleh Pemerintah dalam proses pengembangan dan pemeliharaan,” ujar Eman.

Dalam rangka gelar budaya untuk mengingat tokoh-tokoh yang peduli adat Minahasa dan mengangkat akan ciri khas leluhur kita kesempatan ini, Walikota Eman melanjutkan, kami akan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bapak Hendricus Benedictus Palar dan Bapak Joudy Aray yang telah mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di Kota Tomohon.

“Pemerintah Kota Tomohon menyampaikan banyak terimakasih kepada kedua tokoh budaya ini yang telah berdedikasi dan berjasa dalam pembangunan kebudayaan di Kota Tomohon. Semoga hal ini menjadi motivasi untuk terus berkarya dalam membangun kebudayaan di Kota Tomohon,” tambah Eman.

Pemerintah berharap, lanjutnya,  pagelaran ini untuk terus diadakan setiap bulannya untuk mendukung Tomohon sebagai Kota Wisata Dunia sehingga menarik wisatawan dengan potensi budaya yang ada dan akan dikemas bersama untuk menjadi city tour.

Tampak hadir Tokoh-tokoh budaya Kota Tomohon Bapak Yan Palar, Para pemerhati Seni Budaya Nusantara, Pastor Jimmy Tumbelaka Pr, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan hadirin undangan. (Maxi Rompas)

(Visited 404 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *