Pelajar SD, SMP dan SMA Meriahkan Kegiatan Sambut Dies Natalis Ke – 62 Unima

( Foto cover : Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Prof DR Julyeta Runtuwene saat membuka Pameran dan Lomba) 

Sulutpos.com, Tondano – Universitas Negeri Manado ( Unima) dalam rangka Dies Natalis Ke -62 yang jatuh pada 22 September mendatang memeriahkanya dengan berbagai kegiatan dan salah satunya pameran literasi dan lomba dan Puncaknya Jumat (15/9).

Pameran dan lomba yang dipusatkan di Perpustakaan Unima ini diikuti lelajar SMP dan SMA untuk lomba pidato, dan mewarnai dikhusukan untuk anak SD, serta lomba pameran dengan resensi buku untuk siswa SMA/SMK maupun mahasiswa.

Kegiatan dibuka langsung Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Prof DR Julyeta Runtuwene dan berlangsung meriah.
“Pada prinsipnya pameran literasi diadakan untuk menumbuh kembangkan minat baca para kaum muda. Saya sangat mengapresiasi para peserta yang sudah mengikuti kegiatan ini,” kata Runtuwene.

“Kita tahu bahwa pemerintah terus berupaya menggerakan minat baca dari generasi muda. Apalagi menurut penelitian, di Indonesia membaca ini belum menjadi gaya hidup (lifestyle) Sedangkan sekarang sudah ada pada generasi digital. Jadi untuk menuju pada digital librabry (perpustakaan digital), generasi mudah harus merubah mindset dan gemar membaca,” Terangnya.

Runtuwene mengakui akan rendahnya minat dari masyarakat dalam membaca, dan masalah ini harus benar diseriusi.

“Namun, sangat disangkan karena menurut penelitian, jumlah buku yang dibaca oleh masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Apalagi generasi muda sekarang. Intinya gemar membaca ini harus diseriusi dan harus dilakukan oleh kita semua. Makanya mari kita sukseskan upaya pemerintah ini,” Lanjut Rektor sambil meminta para pembaca dapat memahami dengan celas akan maksud dan tujuan dari buku yang dibaca sambil mengapresiasi para Pelajar yang mau berperan dalam kegiatan yang digelar.

“Melalui lomba resensi buku ini, tidak mungkin peserta bisa tahu tentang isi bukunya tanpa membaca. Makanya saya selaku rektor juga mengapresiasi para peserta yang datang dari semua kalangan baik SD, SMP, SMA/SMK maupun mahasiswa,” ujarnya.

Untuk Unima, dia berharap akan menuju pada smart campus dan salah satunya adalah mencetuskan digital librabry. Lewat kemajuan teknologi bisa menjadikan kualitas Unima lebih baik.
“Tentunya selaku rektor mengucapkan selamat dan sukses untuk para pemenang lomba, dan kiranya melalui kegiatan ini akan menggali semua potensi generasi mudah di Sulut,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri sejumlah pembantu rektor, Dinas Perpustakan dan Kearsipan Pemkot Manado, Kepala Perpustakaan Unima Reflin Mononimbar dan juri maupun undangan.( Ody)

(Visited 119 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *