Anggaran APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten Bantu Bangun Rumah Warga Minahasa

( Foto Cover : Rumah warga Desa Parepei Kecamatan Remboken yang dibangun dalam Program BSPS bersumber APBN 2017 )

Sulutpos.com, Tondano – Guna Mensejahterakan masyarakat, sejumlah bantuanpun terus diturunkan pemerintah baik dengan mengunakan Anggaran Pendapatan Belanja Nagara ( APBN) maupun dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD) Provinsi juga APBD Kabupaten Minahasa.

Seperti Bantuan Stimulasi Perumahan Swadaya ( BSPS) juga Rumah Tinggal Layak Huni ( RTLH) yang disalurkan ditahun 2017 ini dan tersebar di 12 Kecamatan Se Kabupaten Minahasa.

Kepada Wantawan, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat Kabupaten Minahasa Ir Jecky Walukow, mengatakan pihak pemerintah guna menunjang program Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) maka berupaya mensejahterakan rakyat dengan berbagai bantuan yang disalurkan.

” Program BSPS Bantuan Stimulasi Perumahan Swadaya dengan mengunakan Anggaran APBN yang tersebar di 12 Kecamatan di Minahasa berjumlah 332 unit, dan kini pengerjaaannya sudah mencapai 60 -70 persen” Ujar Walukow

Disamping mengunakan Anggaran APBN, menurut Kadis, ada pula 200 unit yang di anggarkan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa dan diambil dari APBD Kabupaten, serta 100 unit dari pos dana APBD Provinsi Sulawesi Utara.

” Setiap keluarga mendapat bantuan berjumlah 15 juta rupiah, namun berupa material bangunan, dengan kontruksi bangunan 6X6. Sasarannya masyarakat tidak mampu, namun syarat utama penerima harus memiliki halaman sendiri yang ditandai dengan surat keterangan kepemilikan dari Kumtua, ” terang Kadis.

Disamping bantuan BSPS, Kabupaten Minahasa pun mendapat bantuan RLTH yang berjunlah 48 rumah dan tersebar di 25 Kecamatan.

Sementara melihat dana yang disalurkan itu yang nominalnya tidak seberapa Walukow berharap ada partisipasi Pemerintah desa baik dalam pengerjaan maupun pendanaan pembangunannya.

” Kan anggaranya hanya 15 juta. Otomatis pembangunanya hanya terbatas, oleh karena itu alangka baiknya jika ada bantuan dari pemerintah desa juga swadaya dalam pengerjaanya, atau jika warga yang mendapat bantuan itu ingin bangunan rumahnya lebih luas silahkan ditambah anggaranya,” Pungkasnya.

Terkait Bantuan ini, Kumtua Desa Parepei Kecamatan Remboken Harter Kasenda, yang mendapat bantuan BSPS berjumlah 35 unit sanggat merespon baik akan perhatian pemerintah kepada rakyatnya, ” Atas nama masyarakat Desa Parepei yang mendapat bantuan ini kami mengucapkan terimakasih karena ada perhatian yang sangat besar oleh Pemerintah, baik dari pusat,Provinsi, terlebih Kabupaten Minahasa. Semoga tahun 2019 mendatang akan ada kelanjutan dalam program seperti ini karena masih ada sekitar 17 keluarga yang perlu untuk dibantu, ” Ujar Kasenda. ( Ody)

(Visited 150 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *