Gala Dinner Jambore Nasional TAGANA dan Asean + 3 Negara Resmi di Buka

Sulutpos.com, Tondano – Gala Dinner Jambore Taruna Siaga Bencana (TAGANA) secara resmi di buka oleh oleh Direktur Jendral perlindungan dan jaminan sosial kementerian sosial RI,Dr.ir R.Harry Hikmat M.Si,Senin (23/10/17) di gedung olahraga (GOR) Manguni.

Provinsi Sulawesi Utara, khususnya kabupaten Minahasa mendapat suatu kepercayaan dan kehormatan di laksanakan kegiatan Gala Dinner Jambore Nasioanal taruna siaga bencana (TAGANA) dan Asean+3 Negara terhitung mulai tanggal 23 – 27 Oktober mendatang.

Dalam sambutan yang di sampaikan ketua panitia direktur perlindungan sosial korban bencana alam kementerian sosial RI,Adhy Karyono A.Ks.M.AP, Ada beberapa kegiatan yang akan digelar selama jambore ini berlangsung. di antaranya Bakti sosial, Pembersihan eceng gondok di di danau Tondano, penanaman pohon di kaki gunung lokon di kota Tomohon,pemberian sembako kepada kusir bendi yang ada di Kabupaten Minahasa,pemberian bantuan sosial kepada korban bencana yang ada di Kecamatan Eris pasca bencana, pemberian kaca mata gratis,makanan tambahan kepada anak-anak,pemberian kalsium dan bubur kacang kepada lansia,dan juga kaki tangan palsu kepada yang cacat.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sayow Msi (JWS) dalam sambutannya, mengapresiasi akan program yang akan digelar serta bersyukur karena Minahasa diberi kesempatan menjadi tuan rumah iven yang berskala Nasional dan Inter Nasional ini.

” Saya selaku kepala Daerah yang ada di Kabupaten Minahasa tentunya merasa bersyukur atas di jadikan kabupaten Minahasa ini sebagai tuan rumah dalam kegiatan Gala Dinner Nasioanal Tagana,dan Asean+3 Negara,selaku pemerintah menyambut baik kegiatan ini karena merupakan kehormatan yang di berikan oleh pemerintah pusat dalam hal ini kementerian sosial RI, ” Terang Bupati

Sebelum di buka jambore Nasional Tagana ini, direktur jenderal perlindungan dan jaminan sosial kementerian sosial RI,Dr,Ir,R Harry Hikmat M.Si mengatakan apresiasinya akan peran Tagana ditana air.

” Kita bisa bayangkan apa yang terjadi kalau tidak ada Tagana dalam daerah,sebab keberadaan Tagana ini sangat membantu setiap penanggulangan bencana bersama dengan pemerintah, ” Ujar Dirjen.

Menurutnya peran Tagana inipun menjadj pemersatu bukan hanya untuk Indonesia,tapi juga Negara-negara luar yang sama-sama mengahadapi bencana.

“Saya sangat bersyukur karena Tagana di Indonesia mencapai 34 ribu lebih dan bisa tumbuh dan berkembang di seluruh Indonesia,dan sahabat Tagana kurang lebih 63 ribu untuk turut bersosialisasi bersama-sama dan sekarang sudah mencapai 525 kampung siaga bencana dan Tagana ini ada 7000 tenaga terlatih untuk menghadapi bencana tersulit,” tutup Harry Hikmat.

Dalam pembukaan jambore Nasional Tagana, melalui Dirjend perlindungan dan jaminan sosial kementerian sosial RI,dan Bupati Minahasa memberi penyematan tanda peserta kepada perwakilan yang hadir dan di akhiri doa bersama lintas agama.

Secara terpisah Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Infanteri Juberth Nixon Purnama S.Th yang di wawancarai oleh tim media center mengatakan,sebagai tuan rumah yang ada di wilayah teritorial tentunya akan melakukan pengamanan kepada seluruh Tagana selama melaksanakan kegiatan jambore Nasional ini.

” Karena ini merupakan wilayah teritorial dari Kodim 1302 Minahasa, kami akan membantu terus guna mensukseskan akan kegiatan besar,apalagi ada beberapa negara yang ikut dalam kegiatan jambore Nasional Tagana ini,” tegas Dandim Purnama.(Ody)

(Visited 126 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *