Hari Kedua Pendaftaran, Dua Parpol Konsultasi Ke KPU Minahasa

( Foto cover : Pengurus Partai Nasdem saat konsultasi ke KPU Kabupaten Minahasa dengan diterima Ketua KPU Meidy Tinangon serta Lord Arthur Malonda juga Dicky Paseki ) 

Sulutpos.com, Tondano –  Dibukanya pendaftaran Partai Politik ( Parpol)  dalam Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU)  Kabupaten Minahasan ternyata belum mendapat respon sepenuhnya oleh Partai Politik.

” Sejauh ini belum ada Partai politik yang mendaftar,  namun suda dua parpol yang melakukan konsultasi dengan KPU terkait persyaratan Calon, mereka adalah partai Rakyat dan partai Nasdem ” ujar ketua KPU Minahasa Meidy Yafet Tinangon SSi MSi kepada wartawan pada rabu (04/10) diruang kerjanya.

Lebih lanjut, Tinangon mengatakan, partai politik yang akan mendaftar diharapkan dapat memanfaatkan waktu yang ada. Dan partai politik baiknya tetap terus berkomunikasi dengan KPU selama proses pendaftaran. “Parpol harus memanfaatkan waktu 14 hari yang diberikan untuk mendaftar. Namun jika Parpol tidak memanfaatkan waktu di hari-hari terakhir masa pendaftaran. Parpol bisa saja lakukan pendaftaran hari ini (kemarin,red)  datang mendaftar. Kan bisa dilihat ada sesuatu yang harus dilengkapi dan dibenahi, masih cukup waktu. Jadi saya ingin menyerukan kepada partai politik manfaatkan dua minggu ini untuk terus berkomunikasi dengan kita,” tutur Tinangon.

Lebih lanjut, Tinagon mengatakan ruang tunggu bagi parpol telah disediakan demi mengantisipasi padatnya pendaftar. Hal ini dilakukan untuk mengamankan dokumen yang sudah masuk agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan.”Sangat beresiko untuk pengamanan dokumen, KPU kan tidak punya gudang lagi selain disini. Jadi dokumen-dokumen nanti akan kita rapikan sesuai dengan petugas yang kita punya. Karena dokumen itulah nanti yang akan kita verifikasi secara administratif. Kemudian kita tindak lanjuti verifikasi secara faktual,” imbuhnya.

Waktu pendaftaran partai politik calon peserta pemilu dibuka selama 2 minggu. Tahap selanjutnya KPU akan melakukan penelitian administrasi tingkat kabupaten,” jelas tinangon.(Ody)

(Visited 77 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *