Maringka : Surat Keterangan Kependudukan Hanya Dikeluarkan Dikdukcapil Bukan Kumtua

Sulutpos.com, Tondano – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil)  Kabupaten Minahasa pastikan kekawatiran terjadinya mobilisasi masa dalam pemilu 2018 mendatang dengan terdaftarnya pemilih siluman yang bukan berdomisili di Kabupaten Minahasa dengan cara mendapatkan surat keterangan kependukan ( Suket) dari pemerintah Desa dipastikan tidak akan terjadi.

Pernyataan tersebut dikatakan Kepala Dinas Drs Riviva Maringka Msi, saat di sambangi diruang kerjannya oleh sejumlah Wartawan pada Rabu ( 04/10).

” Surat keterangan Kependudukan hanya di keluarkan oleh pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  bukan Kumtua dan dari itu yang menjadi dasar dikeluarkanya E – KTP, jadi jika ada surat keterangan yang dikeluarkan pihak Desa maka akan ketahuan karena ini di isi dalam Sistem, ” Ujar Maringka.

Dalam pembuatan Surat Keterangan Sendiri menurut Maringka, Pihaknya telah menetapkan sistem yang dirancang kusus guna meminimalisit terjadinya Data ganda.

” Tanpa surat pindah dari daerah yakni SKPWNI Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia,maka datanya akan ditolak begitupun sistem sekarang sudah di rancang sehingga tidak ada dobel alamat permanen, ” terangnya.

” Pemerintah Desa dan Kelurahan harus memperhatikan dan memberi penekanan langsung kepada Warganya, karena yang lebih tau keberadaan warga adalah pemerintah Desa itu sendiri.apalagi dalam pembuatan dokumen kependudukan kan berawal dari keterangan dari Kumtua, kalau berkasnya lengkap pasti akan di proses, yang utama ada kesadaran tinggi dari warga, ” cetusnya. ( Ody)

(Visited 213 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *