OD dan JWS Panen Bawang Merah di Tompaso

( Foto cover : Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE,  bersama Bupati Minahasa saat panen bawang merah di Tonsewer Kecamatan Tompaso Barat) 

Sulutpos.com, Tondano – Pemerintah terus memberikan perhatian yang sangat serius terhadap perkembangan sektor pertanian di Kabupaten Minahasa. Fakta itu kembali terlihat, Sabtu (7/10), di kawasan perkebunan Desa Tonsewer Selatan, Tompaso Barat.

Dua top eksekutif handal di Sulawesi Utara (Sulut), Gubernur Olly Dondokambey (OD) dan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow (JWS), berbaur bersama para petani dalam kegiatan temu ladang dan panen bawang merah serta pengembangan benih lokal bawang merah Lansuna. Prioritas kegiatan ini yaitu untuk mendukung peningkatan produksi di Sulut.

Keduanya pun terlihat begitu kompak dari awal kegiatan, khususnya pada sesi panen bawang merah di areal perkebunan tersebut. “Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat Tonsewer yang mau berkerja keras untuk mendorong produksi pertanian bawang merah di Sulut,” puji Gubernur.

Gerakan menanam yang giat dilakukan petani Minahasa diakuinya sangat membantu upaya pemerintah dalam upaya meningkatkan produksi pertanian. “Apalagi untuk komoditas bawang, sebab Sulawesi Utara sejauh ini bawang belum bisa diproduksi sendiri. Ini yang harus dipacu melalui teknologi yang ada,” ujarnya.

Faktor lain yang sangat mempengaruhi upaya pemerintah mendorong peningkatan sektor pertanian yaitu sinergitas yang baik antara pihak Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa. “Ketika sinergitas baik maka program akan berjalan secara berkesinambungan,” kata Gubernur.

“Tapi bukan cuma pemerintah saja, tokoh agama dan tokoh masyarakat juga harus sering mensosialisasikan pentingnya menggarap sektor pertanian. Kalau kita jalan sama-sama pasti hasilnya akan baik,” tambahnya.

Bupati JWS sendiri menyambut baik perhatian dari Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur OD, terhadap sektor pertanian di Kabupaten Minahasa. “Pak Gubernur kita ini selain hebat di bidang pemerintahan juga pintar bertani, makanya beliau tahu betul seperti apa kondisi pertanian di daerah kita dan upaya apa yang harus dilakukan untuk menjaga stabilitas produksi pertanian,” kata Bupati.

Pemkab Minahasa sendiri, menurut Bupati, akan terus mendorong semangat petani untuk memacu produksi pertanian. “Intinya Pemkab Minahasa akan terus bersinergi untuk menyukseskan program Pemprov Sulut dan program prioritas nasional, salah satunya di sektor pertanian. Karena sektor ini berkaitan dekat dengan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, pemerintah ikut memberikan bantuan alat pertanian kepada sejumlah kelompok tani, seperti hand tractor, alat tanam jagung dan benih jagung, serta kebutuhan pertanian lainnya.( Ody)

(Visited 52 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *