Pembangunan Berbasis Lingkungan Pemkot Manado

Foto: Agustien Lisa S Sos, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat.


SulutPos.com, Manado – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado, Agustien Lisa S Sos, Mengatakan bahwa sekarang ini tengah mempersiapkan tahapan-tahapan tentang Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL), dan dalam persiapan lomba bulan bakti gotong royong masyarakat tingkat kota Manado, sedangkan tim penilai adalah, tim yang terdiri dari beberapa perangkat daerah kota Manado.

Ditemui wartawan SulutPos.com, pada hari kamis (12/10/2017), diruang kerjanya, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat kota Manado, Agustien Lisa S Sos, menjelaskan bahwa setiap kelurahan akan berlomba untuk mewakili kecamatan masing-masing untuk diikut sertakan ditingkat kota. Nanti akan keluar 11 (sebelas) kelurahan mewakili 11 kecamatan.

“Karena ini mengangkat tema bulan bakti gotong royong jadi dititik beratkan pada pemberdayaan dan swadaya masyarakat untuk pembangunan,” jelas Lisa

Lebih lanjut dikatakan Lisa, sekarang ini tahapan swasembada rapat lingkungan, ketua KMM kepala lingkungan, ada fasilitator kelurahan yang mendampingi kepala-kepala lingkungan, sementara melaksanakan rapat lingkungan dengan masyarakat yang mendapat bantuan dana.

“Untuk tahun sebelumnya (2016), sejumlah 504 linkungan mendapat bantuan, akan tetapi ditahun 2017, karena ada program KOTAKU (program pusat), jadi otomatis kelurahan yang mendapat program KOTAKU tidak lagi mendapat dana PBL, untuk tahun 2017 hanya 175 lingkungan yang mendapat dana PBL,” urai Lisa.

Dan untuk sosialisasi, tambah Lisa, sudah dilakukan pada tanggal 22 september 2017 yang lalu, seluruh kepala lingkungan selaku ketua KMM beserta dengan 55 fasilitator kelurahan serta lurah dan camat hadir saat sosialisasi ini,” jelas Lisa.

“Memang tahun-tahun sebelumnya ada SOSIA, tetapi tahun ini, dititik beratkan pada Infrastruktur, karena anggaran dari pemerintah hanya Rp 26.500.000,- per lingkungan, jadi perlu peran serta masyarakat dan secara bergotong royong mensukseskan program pemerintah, sebab disini ada nilai-nilai gotong royong dan nilai swadaya, dan bantuan dana dari Walikota Manado ini semacam dana stimulan perlingkungan,” tutup Lisa (Marthen Alow)

(Visited 527 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *