Terima Ratusan Pendemo Sopir Angkot, Joi Oroh: Pemprov Telah Menyurat ke Kementerian terkait Penghentian Sementara Angkutan Online

Foto: Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Sulut, Drs Joi E b Oroh, saat menerima para pendemo.


SulutPos.com, Manado – Ratusan Pendemo sopir angkot mendatangi kantor Dinas Perhubungan (DISHUB)  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (18/10/2017). Mereka (Pendemo) menuntut agar pengoprasian Angkutan Umum online harus dihentikan, karena mereka merasa dengan adanya Angkutan umum berbasis online berdampak pada pemasukan ekonomi mereka.

Dalam kesempatan itu, mereka langsung disambut oleh Drs Joi E b Oroh, selaku Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Sulut yang menjelaskan kepada pendemo, bahwa pihak pemerintah telah menyurat kepada Menteri Perhubungan. Dalam surat tersebut sebagaimana hasil pertemuan dengan komisi III DPRD Sulut untuk menghentikan sementara pengoprasian kendaraan angkutan ber basis online, sambil mereka mengurus perizinan.

“Memang untuk angkutan umum berupa aplikasi online sudah di atur oleh peraturan menteri nomor 26 Tahun 2017, itu juga telah kami lakukan sosialisasi pada bulan juni, dihadiri pula Oparator Aplikasi online dan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota. Jadi yang angkutan online masuk dalam kategori tidak dalam trayek karena angkutan itu ada dua jenis, angkutan dalam trayek dan tidak dalam trayek termasuk dalam angkutan sewa khusus, oleh karena itu sudah ada aturan yang berkaitan dengan penggunaan STNK plat kuning ber bentuk Badan Usaha harus melakukan Pengujian kendaraan bermotor (KEUR-bahasa Belanda/”KIR”),” papar Oroh.

Tentunya, Lanjut Oroh, tuntutan dari pendemo akan dicatat dan menyurat lagi ke Kementerian Perhubungan dan ke Menkominfo untuk mengingatkan kembali karena memang ini kewenangan pusat, aplikasi ini bukan dari Perhubungan tetapi dari KomInfo. (melky)

Demo Sopir Angkot, 18 Oktober 2017 Menolak Pengoperasian Angkutan Berbasis Online

(Visited 428 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *