Bawaslu Sulut Pantau Langsung Seleksi Tertulis Calon Panwascam di Minsel

Foto cover : Komisioner Bawaslu Sulut Kenly Poluan (Kemeja Putih) didampingi para Komisioner Panwaslu Minsel dalam pelaksanaan tes tertulis Calon Anggota Panwascam di Minsel.


Sulutpos.com, Amurang – Pelaksanaan tes tertulis Calon Anggota Panwascam di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Selasa (31/10) yang dipusatkan di SMA N 1 Amurang Timur, dipantau langsung oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini salah satu Komisioner yakni Kenly Poluan, SPd, MSi yang juga diketahui sebagai putra asli Minsel.

“Kendati banyak peserta yang dinyatakan berhak mengikuti seleksi tertulis ini, namun nantinya hanya ada 3 orang yang akan dilantik sebagai Panwas di setiap kecamatan. Tapi apapun hasilnya, dengan proses seleksi ini kita semua telah menjadi keluarga besar Panwas di Negara Republik Indonesia,” tutur Poluan saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan tahapan seleksi tersebut.

Pelaksanaan Tes Tertulis dan Pemusnahan Naskah Soal Calon Panwascam di Minsel oleh para Komisioner Panwaslu Minsel.
Pelaksanaan Tes Tertulis dan Pemusnahan Naskah Soal Calon Panwascam di Minsel oleh para Komisioner Panwaslu Minsel.

“Seleksi ini kami upayakan secara akuntabel, terbuka. Soal-soal disusun oleh Bawaslu Sulut, dan tidak diketahui oleh Panwas Kabupaten, yang prosesnya dilaksanakan secara selektif dan menjaga kerahasiaan,” tambah Poluan yang didampingi langsung tiga Komisioner Panwaslu Minsel, masing-masing Eva Keintjem, Frany Sengkey, dan Winsi Kuhu, serta Kepala Sekretariat Panwaslu Minsel.

Usai pelaksanaan tes tertulis tersebut, para komisioner serta jajaran di Sekretariat Panwaslu Minsel langsung mengadakan pemusnahan naskah soal dengan cara pembakaran. Sementara lembar jawaban langsung diantar ke Bawaslu Sulut untuk diadakan pemeriksaan.

Adapun jumlah peserta atau calon Panwascam yang dinyatakan lulus penelitian berkas administrasi pendaftaran sebanyak 175 nama, namun pada pelaksanaan tes tertulis, ada beberapa nama yang tidak menghadiri tes tersebut. Diketahui, usai pengumuman hasil tes tertulis (masing-masing kecamatan mengerucut tersisa 6 calon), selanjutnya dilaksanakan tahapan wawancara atau fit and propert test (FPT) guna menyaring 3 besar setiap kecamatan, untuk dilantik sebagai Panwascam di 17 Kecamatan di Minsel. (Andre Dotz)

(Visited 65 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *