Dibuka Deputi Menpar, Utusan Minahasa Gemilang di Kemilau Sulawesi 2017

( Foto cover : Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa Agustivo Tumundo saat memberikan cinderamata pejabat Kementerian Pariwisata yang diterima oleh Santa Tambunan) 

Sulutpos.com, Surabaya – Utusan Pemkab Minahasa tampil memukau dalam Pembukaan Kemilau Sulawesi 2017 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata RI pada sabtu (11/11) di Royal Plaza Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan yang dibuka pelaksanaannya oleh Menteri Pariwisata RI yang diwakili oleh Deputi Menteri Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Dra Esthy Reko Astuty MSi dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur, beberapa Bupati, Walikota, Ketua DPRD dan Kepala Dinas Pariwisata dari Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi serta para pejabat Kementerian Pariwisata lainnya.

Sementara Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi dalam kegiatan tersebut, yang didampingi oleh Kepala Bidang Kesenian Disbudpar Dra Letty Purukan, Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Mellisa Rondonuwu SP, Kasie Pelestarian Seni Aybie Suplig SPd, Kasie Sarana Kebudayaan Djonli Muaya SE dan Kasubag Umum Selfiani Tirukan SSos.

Dalam sambutannya, Deputi Menpar Esthy Reko Astuty mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan Kemilau Sulawesi adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan antar kabupaten dan kota, antar provinsi dan antar pulau, dan meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan wisata di dalam negeri, mengingat hingga Agustus 2017 ini, pergerakan wisata nusantara sudah tembus 200 juta pergerakan dari proyeksi 180 juta pergerakan.

“Karena sasaran dari kegiatan ini adalah meningkatnya citra positif Indonesia sebagai tujuan daerah wisata di kalangan masyarakat Indonesia, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan nusantara antar kabupaten/kota, propinsi dan antar pulau dan diharapkan juga adanya peningkatan kunjungan wisman ke Sulawesi, serta terdistribusinya pergerakan wisatawan nusantara ke seluruh wilayah di tanah air,” kata Esthy.

Sementara dalam Pembukaan even tersebut, utusan Minahasa Ribka Meily Mandagi STP tampil memukau dalam Parade Finalis Pemilihan Puteri Kemilau Nusantara 2017.

Sebelumnya, Wulan Minahasa 2016 yang menguasai bahasa asing dari beberapa negara ini, tampil memukau pula dalam sessi tanya jawab Pemilihan Puteri Kemilau Sulawesi 2017 ini.

Demikian halnya dalam sessi Talent Show, Ribka yang juga Anggota Tim Kesenian Pemkab Minahasa yang pernah tampil di Minahasa Culture Night 2017 di California AS ini berhasil memukau para penonton yang menyaksikan kebolehannya.

“Dengan dukungan doa kita semua, saya yakin Wulan andalan kita Ribka Meilly Mandagi pasti menjadi Puteri Kemilau Sulawesi 2017 ini” ungkap Kadis Budpar Agustivo Tumundo.

Tumundo juga bersyukur, kehadiran delegasi Pemkab Minahasa ini juga tampil gemilang dalam sessi tampilan Kesenian Daerah dengan menyajikan Tarian Pisok dalam Acara Pembukaan Kemilau Sulawesi ini.

“Kita juga bersyukur, Tim Tarian Pemkab Minahasa yang menurunkan Wakil I Wulan Minahasa 2017 Aurellia Kuron, Wakil II Wulan 2017 Bernadette Mogot, Wulan Favorit sekaligus Wulan Harapan I 2017 Rachel Leke dengan pelatih Waben IWWM Felia Lalogiroth dengan asisten Wakil II Waraney 2017 Shinji Masengi berhasil memukau dalam Acara Pembukaan” urainya.

Juga Stand Pameran Pemkab Minahasa, tambah Tumundo turut menjadi perhatian utama semua pengunjung yang memadati Royal Plaza Surabaya selama 2 hari hingga Minggu 12 November 2017 ini.

Dalam Pembukaan Kemilau Sulawesi tersebut, Kadis Budpar Agustivo Tumundo juga didaulat untuk memberikan cinderamata pejabat Kementerian Pariwisata yang diterima oleh Santa Tambunan.( Ody)

(Visited 118 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *