Dinaskertrans Minahasa Minta Perusahan Wajib Terapkan UMP Baru

( Foto cover : Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Teansmigrasi Kabupatrn Minahasa Vicky Kaloh) 

Sulutpos.com,  Tondano -Tahun 2018 mendatang akan diberlakukan upah minimum provinsi (UMP) yang baru yakni Rp 2.824.286. Semua perusahaan di Minahasa dimintakan untuk menerapkan UMP tersebut per Januari 2018.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Minahasa Vicky Kaloh. “Perusahan-perusahan yang ada di Minahasa wajib memberikan Upah Minimum Provinsi kepada karyawannya. Karena itu merupakan keputusan pemerintah, pengusaha serta serikat pekerja yang wajib di laksanakan,” ujar mantan camat Remboken ini.

Lanjut Kaloh, ada banyak perusahan, perhotelan dan rumah makan yang tersebar di Minahasa. Jika di hitung banyak sekali tenaga kerja yang terserap untuk bekerja di tempat-tempat tersebut. “Semua perusahan, perhotelan dan rumah makan wajib memberikan upah yang layak bagi tenaga kerja,” tegasnya.

Jelasnya, nanti Gubernur akan mengeluarkan surat edaran sebagai lampiran penetapan UMP yang akan disampaikan ke perusahan-perusahan di Minahasa.

“Bagi perusahan diberikan tenggang waktu selama tiga bulan setelah di tetapkan UMP, dan sesudah itu perusahan wajib mengikuti aturan yang sudah diputuskan oleh Pemerintah melalui dewan pengupahan. Jika perusahan belum menyanggupinya dan melaksanakan aturan tersebut, maka perusahan harus mengeluarkan surat penangguhan UMP ke Dewan Pengupahan dan Gubernur,” tandasnya.

Kaloh juga menerangkan bahwa Dinaskertrans Minahasa sudah tidak ada lagi bidang pengawasan. Namun pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan provinsi terkait UMP di Minahasa. “Bidang pengawasan sudah ditangani oleh Dinas tenaga Kerja Provinsi,” pungkasnya. ( Ody)

(Visited 94 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *