Elly Sangian: Kabupaten Mitra 3 Tahun Berturut-turut Swasembada Pangan

Foto: Kadis Pertanian, Ir Elly S Sangian ME.


SulutPos.com, Ratahan – Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Kadis Pertanian, Ir Elly S Sangian ME, Rabu, (29/11/2017), mengatakan bahwa luas pertanian yang ada di Minahasa Tenggara (Mitra) untuk sementara ini adalah 3.220 ha, untuk sektor persawahan dan 19.000 ha untuk sektor perkebunan.

Sementara mengenai Program Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu dan Gerakan Regenerasi Petani, Sangian menjelaskan bahwa Dinas Pertanian Kabupaten Mitra telah melakukan pembinaan dan bantuan-bantuan kepada petani.

“Sudah 3 tahun bertururut Kabupaten Mitra swasembada dan pendapatannya surplus baik dari tanaman jagung, padi dan kedelai,” tambah Sangian.

Pemberdayaan petani, lanjut Sangian,  yaitu melalui pemberian alat pertanian,  bibit, pemberian saprodi kepada petani serta pengolahan lahan pertanian dan juga penyuluhan-penyuluhan  mengenai cara penanaman.

“Juga dilakukan Penangulangan hama dan penyakit untuk meningkatkan kas produksi yang merupakan program dari Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Pusat,” tutup Sangian. (Svide Ridel)

(Visited 251 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *