WaliKota Eman: Perekaman KTP-el per Oktober 2017 untuk Kota Tomohon Capai angka 95,39%

Foto: Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman SE Ak, saat membuka kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Evaluasi Capaian Target Penyelesaian Perekaman dan Pencetakan KTP-el, Selasa, (21/11/17).


SulutPos.com, Tomohon – Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman SE Ak, menghadiri sekaligus menjadi moderator dalam kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Evaluasi Capaian Target Penyelesaian Perekaman dan Pencetakan KTP-el, Penertiban Akta Kelahiran Usia 0-18 tahun, dan Tidak Ada Pungli/Tidak Terjadi OTT dalam Pengurusan Dokumen Kependudukan, bertempat di Kawanua Cottage, Tomohon,  Selasa, (21/11/17).

Walikota mengatakan, sesuai dengan UU No 24 tahun 2014 tentang administrasi kependudukan, semua keperluan adalah data kependudukan dari Kementerian yang bertanggung jawab dalam urusan pemerintahan dalam negeri antara lain untuk pemanfaatan;

  • Pelayan Publik
  • Perencanaan Pembangunan,
  • Alokasi Anggaran,
  • Pembangunan Demokrasi
  • Penegakan Hukum dan Pencegahan Kriminal.

“Pemanfaatan data kependudukan sesuai peraturan bidang administrasi kependudukan, harus menggunakan apa yang disebut dengan Konsolidasi Data Bersih (KDB) yang dikelola Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Pemerintah Kota Tomohon berupaya memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat dengan mendirikan rumah pelayan publik (Wale Kabasaran) yang pertama di Sulawesi Utara,” Kata Walikota Eman.

Data saat ini, lanjut Eman,  berdasarkan laporan evaluasi pencapaian target oleh Dukcapil Akta Kelahiran anak usia 0-18 tahun yaitu 23.347 jiwa atau 90,05% dari 25.926 jiwa. Terkait juga dengan perekaman KTP-el per Oktober 2017 Kota Tomohon telah menyentuh angka 95,39%.

Dikatakan Walikota, realisasi capaian langsung Dukcapil, secara berurutan dari yang tertinggi adalah: beberapa KPUD dan Badan Pengawas Pemilu Daerah, tanggal 9-11 November 2017 di Hotel bidakara Jakarta, dimana pada Pileg dan Pilpres 2019, semua penduduk yang berhak memilih, sudah harus dipastikan sudah merekam dan memiliki KTP-el, jadi tidak lagi menggunakan surat keterangan pengganti KTP-el.

“Untuk itu, saya minta kita semua untuk bersama-sama memastikan agar pada Pileg dan Pilpres 2019 nantinya, Tomohon seluruhnya sudah rekam dan memiliki KTP-el 100% ini merupakan tantangan besar bagi kita semua”, tutup Walikota Eman, sembari membuka kegiatan ini secara resmi.

kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Evaluasi Capaian Target Penyelesaian Perekaman dan Pencetakan KTP-el,
Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Evaluasi Capaian Target Penyelesaian Perekaman dan Pencetakan KTP-el, Selasa, (21/11/17). Inzet: Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman SE Ak.

Tampak hadir, para Narasumber, AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK selaku Kapolres Tomohon, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Jaksa Pratama Windhu Sugiarto SH MH, Kepala Divisi Logistik KPU Tomohon Robby Golioth ST, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Royke Roeroe SP MAP, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan undangan. (marthen alow)

(Visited 251 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *