Pemkot Tomohon Gelar Kegiatan ‘Fasilitasi dan Pembinaan Keprotokoleran’

SulutPos.com, Tomohon, Selasa (21/11/2017), bertempat di rumah dinas Walikota Tomohon, diadakan kegiatan pembinaan keprotokoleran, yang dihadiri oleh perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Tomohon.

Yang menjadi Narasumber dalam kegiatan kali ini, yaitu dari Kepala Bagian (Kabag) TUP Provinsi Sulawesi Utara, Maikhel Kella AP MSi, dan Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Julien Mamahit SH MH.
Sebagaimana Tema kegiatan ini ‘Fasilitasi dan Pembinaan Keprotokoleran’, Kella memaparkan materi diantaranya meliputi:
  • Ketentuan Umum ( UU No. 9 tahun 2010 )
  • Acara kenegaraan dan acara resmi
  • Tata tempat
  • Tata upacara bendera
  • Ketentuan penutup

Selain itu, Kella juga menjelaskan mengenai struktur kepangkatan dalam sistem pemerintahan (birokrasi) dan perbedaan antara Pejabat Negara dan Pejabat Pemerintahan. Dikatakannya, misalkan ada acara resmi yang dihadiri baik itu Pejabat Negara maupun Pejabat Pemerintahan. Acara Resmi yang dimaksud adalah acara yang diatur/dilaksanakan oleh Lembaga Negara, Pemerintah Pusat, Provinsi, atau Pemerintah Kabupaten/Kota.

Nara Sumber: Kepala Bagian (Kabag) TUP Provinsi Sulawesi Utara, Maikhel Kella AP MSi (tengah)
Nara Sumber: Kepala Bagian (Kabag) TUP Provinsi Sulawesi Utara, Maikhel Kella AP MSi (tengah)

“Bupati/Walikota adalah termasuk Pejabat Negara, sedangkan Sekretaris Daerah Provinsi, atau Kabupaten/Kota bukan Pejabat Negara, melainkan Pejabat Pemerintahan,” jelas Kella.

Begitu juga dengan Kepala Desa/Lurah, mereka itu adalah Pejabat Pemerintah, tambah Kella.

Dikatakannya juga bahwa Pejabat Negara adalah adalah pejabat yang lingkungan kerjanya berada dalam lembaga negara dan merupakan alat kelengkapan negara beserta derivatifnya (acuan pokok) berupa lembaga negara pendukung. Pejabat negara menjalankan fungsinya untuk dan atas nama negara.

“Sedangkan Pejabat Pemerintahan adalah pejabat yang lingkungan kerjanya berada pada lembaga yang menjalankan fungsi administratif, seperti di kementerian-kementerian maupun non kementerian (tingkat pusat), begitu juga di daerah-daerah, seperti para pejabat eselon,” papar Kella.

Peserta Kegiatan
Peserta Kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Keprotokoleran

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkot Tomohon, Christo P Kalumata SSTP, Ketua PN Tondano Julien Mamahit SH MH, dan para ASN dilingkup Pemerintahan Kota Tomohon.  (marthen alow)

(Visited 211 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *