Rapat Paripurna Istimewa Tutup Rangkaian HUT Kabupaten Minahasa Ke – 589

( Foto cover : Suasana Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka  HUT Minahasa ke  – 589 di Wale Ne Tou Minahasa) 

Sulutpos.com,Tondano – Rapat Paripurna DPRD dalam rangka hari jadi Minahasa yang ke 589 yang di laksanakan di gedung Wale Ne Tou Tondano, senin (6/11) kemarin berlangsung meriah. Sebab momentum ini dihadiri langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven Kandouw serta para pimpinan dan pejabat baik di daerah maupun Sulut.

Gedung Wale ne Tou Tondano ini bisa dikatakan penuh dan sesak, karena kapasitasnya yang 5000 orang, telah lebih. Untuk itu, para tamu yang menyaksikan perayaan hari jadi Minahasa ini ada di luar gedung. Patut apresasi atas kepedulian warga masyarakat Minahasa, karena bisa merayakan momen yang hanya satu tahun sekali meski tak di dalam gedung.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) dalam sambutannya mengatakan, Hari jadi Minahasa yang ke 589 dirinya bersama Wakil Bupati IvanSa serta seluruh jajaran Pemkab dan masyarakat merasa syukur atas hari jadi ini. Untuk itu, patut panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan karena berkat campur tangannya sehingga daerah Minahasa terberkati.”Banyak prestasi yang kita dapati selama hampir 5 tahun kepemimpinannya bersama IvanSa. Dan menuju kabupaten yang sejahtera maka tak elok kalau masyarakat tidak ikut campur tangan dalam membangun di tanah kita ini, banyak program pembangunan yang telah dijalankan jelang lima tahun seperti di infrastruktur, pertanian, ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya,”ujar JWS.

Momentum di HUT  Minahasa ini, perlu disyukuri karena dihadiri langsung oleh Gubernur dan Wagub Sulut Olly Dondokambey SE beserta Drs Steven Kandouw dan seluruh pimpinan daerah atau yang mewakili serta forkopimda dan para undangan yang tak disebut satu persatu.”Terima kasih sudah hadir di tanah Minahasa ini, untuk merayakan hari jadi kabupaten kita yang ke 589,”ucap JWS.Sementara Guberur Olly Dondokambey SE menyampaikan puji syukur karena kita boleh di pertemukan disini dalam rangka.

Hari jadi Minahasa ke 589, ini suatu kebanggan masyarakat Sulut terlebih masayarakat Minahasa karena telah memperingati ulang tahun. Seyogyanya Republik Indonesia saja baru ke 72 tahun, dibandingkan dengan Minahasa sudah 589 tahun. Untuk itu, kita harus mensyukurinya.”Kabupaten Minahasa telah menjadi harapan karena selama ini kehidupan Provinsi Sulut ada dari tanah toar lumimuut. Sebab kalau danau Tondano kering, kita-kita yang di Manado tidak dapat minum. Begitu juga pertanian bilamana tidak ada air, makanpun jadi susah,”kata Dondokambey.

Selain itu juga, para pemimpin Minahasa dari dulu hingga sekarang semuanya bagus dan berhasil membawa Minahasa lebih maju lagi dan patut mendapat apresasi. Karena toleransinya yang begitu bagus sehingga sebagian tanah Minahasa telah diberikan pada daerah lain seperti kota Bitung, kota Tomohon, kabupaten Minut, Kabupaten Minsel serta kabupaten Mitra. Terlebih tahun 2018 di bulan juni akan berlangsungnya Pilkada Minahasa, tapi dapat dilihat bahwa Bupati dan Wabup ini masih seiring tetap komit dalam menjalankan pembangunan di daerahnya sendiri.”Patut di apresiasi sebab pesta demokrasi yang nantinya akan bergulir tapi tidak mempengaruhi jalannya program pembangunan di tanah Minahasa ini. Dan tanpa kita sadari di Kabupaten Minahasa ada keterwakilan semua Dapil, kalau Bupati dari Dapil I kemudian ketua Dewan dari Dapil 3, Wakil Ketua Dewan ada yang Dapil 2 dan 4. Untuk itu, demokrasi di daerah ini semua ada keterwakilannya. Sekali lagi saya ucapkan selamat hari jadi yang ke 589, dengan harapan agar pembangunannya lebih maju lagi,”katanya.

“Untuk capaian pembangunan dan prestasi kabupaten Minahasa selama ini, jangan berbangga karena kedepan banyak tantangan dan kendala. Intinya terus genjot kinerja kita jangan sampai lengah. Secara khusus saya memberikan apresiasi dan terima kasih pada pelaku sejarah di tanah Minahasa dari generasi ke generasi termasuk Bupati dan Wabup, segenap pimpinan dan anggota Dekab, Forkompimda, toko masyarakat/agama, pimpinan Parpol serta seluruh lapisan masyarakat atas capaian prestasi dalam membangun daerah ini dan bangsa. Evoria ini jangan kita berbangga karena tantangan dan kendala bisa mengancam kelangsungan pembangunan kedepa,”tegas Dondokambey. ( Ody )

(Visited 115 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *