Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon

Foto: Para narasumber dalam kegiatan yang bertajuk ‘Reformasi Birokrasi’.


SulutPos.com, Tomohon – Pemerintah Kota Tomohon melalui Bagian Organisasi dan SDM Setda menggelar kegiatan ini yang dilaksanakan di Gedung ex Keuangan kantor Walikota Tomohon, kamis (23/11/2017). Salah satu Narasumber kegiatan ini adalah Dandim 1302 Minahasa Letkol. Inf. Jubert Nixon Purnama STH.

Walikota Tomohon, Jimmy F. Eman, SE.Ak, juga selaku narasumber yang diwakili oleh Asisten Umum Novi Politon SE, dalam pemaparannya mengatakan bahwa dalam Peraturan Presiden nomor 80 tahun 2011 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Indonesia 2010-2025, visi reformasi birokrasi adalah terwujudnya pemerintahan kelas dunia.

“Untuk mewujudkan visi tersebut pemerintah harus memiliki birokrasi yang profesional dan berintegrasi dan mampu hadir lebih dekat kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan prima,” kata politon.

Dalam penerapan reformasi birokrasi di Kota Tomohon, lanjut Politon membacakan sambutan Walikota, parameter penilaiannya adalah

  • Organisasi; Dimana Pemerintah Kota Tomohon Telah Menetapkan Peraturan Daerah Tentang Perangkat Daerah Yaitu Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah Yang Menjalankan Amanat Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah, Tatalaksana; Pemerintah Kota Tomohon Telah Berupaya Mewujudkan Ketatalaksanaan Yang Efektif Melalui Penerapan E-Government,
  • Peraturan perundang-undangan yakni peningkatan kualitas peraturan, pelaksanaan sosialisasi peraturan perundang-undangan secara periodik dan pemanfaatan JDIH (Sistem Informasi Hukum),
  • Akuntabilitas; pemerintah berupaya meningkatkan nilai evaluasi kinerja, Pengawasan, Sumber Daya Manusia Aparatur serta Mind Set dan Culture Set yaitu Penetapan Zona Integritas Di Kantor Pelayanan Publik.

“Saya juga mengajak para peserta untuk senantiasa bersungguh-sungguh memahami dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh para narasumber sehingga setelah kegiatan ini selesai ada poin-poin penting yang dapat dibawah pulang dan diterapkan dalam pelaksanaan,” tutup Politon. (marthen alow)

(Visited 122 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *