9 Negara Usulkan Sidang DK PBB Bahas Pelanggaran HAM di Korea Utara

Foto: Sidang Dewan Keamanan PBB untuk membahas pelanggaran HAM di Korea Utara diperkirakan akan dilakukan tanggal 11 Desember mendatang (foto: dok). Reuters


SulutPos.com, Jenewa – Amerika, Inggris, Perancis, dan enam negara lain hari Jumat mengusulkan sidang Dewan Keamanan PBB mengenai pelanggaran hak asasi manusia di Korea Utara.

Sidang yang diperkirakan akan dilakukan tanggal 11 Desember itu menandai keempat kalinya sejak 2014 Dewan Keamanan bersidang membahas kondisi hak asasi yang buruk di Korea Utara.

Italia, Jepang, Senegal, Swedia, Ukraina, dan Uruguay, bergabung dengan ketiga negara anggota tetap Dewan Keamanan mengusulkan sidang itu.

China, sekutu Korea Utara, telah berusaha menghalangi diskusi mengenai hak asasi di Korea Utara, dengan dalih bahwa forum untuk itu adalah Dewan HAM di Jenewa.

Tetapi China telah tiga kali kalah dalam pemungutan suara mengenai prosedur itu, sehingga sidang diperbolehkan berlangsung.

Majelis Umum PBB bulan ini diduga juga akan menyetujui resolusi mengecam Korea Utara karena pelanggaran hak asasi manusia dan karena melakukan uji coba misil dan nuklir selagi rakyatnya mengalami kelaparan parah. [ds]

VOA News

(Visited 230 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *