Aksi Bela Negara, Ribuan Warga Padati Kota Tondano ( Adv)

Ribuan peserta aksi bela negara di Stadion Maese Tondano
Ribuan peserta aksi bela negara di Stadion Maese Tondano

Sulutpos.com, Tondano –  Ribuan Warga Padati Kota Tondano Minahasa pada Senin (11/12) kemarin guna menyaksikan atraksi kreativitas kebudayaan dan tampilan artis luar daerah dalam gebyar aksi bela negara.

Istri
Nora Tristyana Ryamizard Ryacudu saat melepas parade

Kegiatan Akbar yang diawali dengan  pelepasan Parade aksi bela negara olrh Istri  Menteri Pertahanan (Menhan)Republik Indonesia, Nora Tristyana Ryamizard Ryacudu ini turut didampingi Wakil Bupati Minahasa, Ivan Sarundajang (Ivansa), Wakil Ketua PKK Sulut dr.Devi Kartika Kandow Tanos dan MARS,  Sekretaris Daerah Jefry Korwngkeng, di Lapangan God Bless Tondano diikuti berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya, Provinsi Sumatera Barat, Papua, Aceh dan Sulawesi Utara(Sulut).

IMG_20171212_174511

Khusus wilayah Sulut diikuti beberapa Kabupaten/ kota, 91 Sekolah Menegah Atas (SMA) dan kejuruan bahkan beberapa universitas dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) ikut serta dalam parade. Para peserta menampilkan berbagai kreativitas kebudayaan daerahnya masing-masing dan finis di kompleks Stadion Maesa Tondano.

Dialog Bersama Presiden Ke 5 RI Megawati Soekarno Putri bersama bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey
Dialog Bersama Presiden Ke 5 RI Megawati Soekarno Putri bersama bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Acara kemudian dilanjutkan dengan Sarasehan Bela Negara di gedung Wale Ne Tou Tondano yang dihadiri oleh Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, M.Si (JWS), Sekertaris Daerah (Sekda), Jeffry Korengkeng, SH, M.Si serta jajaran, Forkopimda Sulut dan Minahasa. Tampak juga turut dihadiri ribuan masyarkat.

Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow saat mengikuti Sarasehan Bela Negara
Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow saat mengikuti Sarasehan Bela Negara

Hadir sebagai nara sumber mantan Presiden kelima Indonesia, Megawati Sukarnoputri, Menteri Pertahana RI Jenderal (Purn), Ryamizard Ryacudu dan Gubernur Selawesi Utara Olly Dondokambey, SE. Sementara sebagai moderator menghadirkan Dosen Universitas Sam Ratulangi Manado, Dr. Ferry Liando.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow Sajow saat menyambut Megawati Soekarno Putri
Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow Sajow saat menyambut Megawati Soekarno Putri

Megawati Sukarnoputri dalam sambutannya mengharapkan, warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk lebih melekatkan semangat gotong royong. “Karena gotong royong bisa memperkuat semangat bela negara. Mari kita lekatkan gotong royong dalam memperkuat semangat Bela Negara,” kata Megawati.

IMG_20171212_170614

Namun tentunya dalam gotong royong harus tanpa membedakan satu sama lain. Seperti Agama, Suku, Ras. “Keluarga sebagai kelompok terkecil perlu tingkatkan gotong royong yang kuat. Konflik terjadi karena tidak kuatnya budaya dan gotong royong,” tambah Presiden RI Kelima ini. Bahkan dikatakannya juga bahwa dalam merealisasika bela negara bukan menunggu. Melainkan harus selalu siap dalam mengimplementasikannya. Jadikanlah Pancasila sebagai alat perekat dan dasar negara. Itulah bagian kita dalam Bela Negara, bukan hanya sekedar seminar dan diskusi saja,” jelas Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP).

Menteri pertahanan RI
Menteri pertahanan RI saat memberikan materi

Hal senada diungkap, Menteri Pertahanan, RI Ryamizard Ryacudu. Menurutnya, Bela Negara adalah amanat dari Undang-Undang Dasar 1945. “Sedangkan Pancasila adalah satu -satunya rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa,” akunya singkat.

IMG_20171212_175839

Sementara itu, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutanya menjelaskan, bahwa sarasehan ini tujuannya agar masyarakat bisa pahami apa itu Bela Negara. Dan tentunya guna bangkitkan rasa bela negara dengan cinta pancasila. “Bela Negara bukan soal angkat snjata tapi bagaimana mengisi pembangunan indonesia kedepan yang lebih baik,” pungkas Gubernur Sulut.

IMG_20171212_180156

Usai menggelar Sarasehan di Wale Ne Tou, dilanjutkan dengan konser bela Negara di Stadion Maesa Tondano yang dihibur oleh artis papan atas Indonesia, seperti grup band Slank, Gio Idol dan Mongol Stres. Konser Bela Negara dihadiri juga oleh ribuan masyarakat yang datang memadati Stadion Maesa, Tondano.

IMG_20171212_170933

Grup band Slank saat meramaikan aksi bela negara di Stadion Maesa Tondano
Grup band Slank saat meramaikan aksi bela negara di Stadion Maesa Tondano (Ody)
(Visited 115 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *