Bank Dunia akan Hentikan Proyek Minyak Bumi dan Gas

Foto: Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (foto: dok). AP


SulutPos.com, Washington DC – Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengatakan Bank Dunia akan menghentikan pembiayaan proyek-proyek minyak bumi dan gas dalam dua tahun.

Berbicara dalam KTT Perubahan Iklim di luar kota Paris, Jim Yong Kim hari Selasa (12/12) mengatakan Bank Dunia akan berhenti membiayai proyek eksplorasi dan ekstrasi setelah tahun 2019, kecuali “dalam keadaan luar biasa” bagi negara-negara yang paling miskin dimana ada manfaat yang jelas dalam hal akses energi dan proyek-proyek yang sesuai dengan komitmen Perjanjian Paris itu.

Jim Yong Kim juga menyebut berbagai inisiatif di berbagai belahan dunia yang bertujuan untuk membantu negara-negara mengurangi emisi gas rumah kaca. Ini termasuk perjanjian jutaan dolar untuk mendistribusikan jutaan lampu LED dan lampu tabung, ribuan mobil listrik dan stasiun pengisian energi dan jutaan “smart meter” di seluruh India.

“Smart meter” adalah perangkat elektronik yang mencatat konsumsi energi listrik dalam rentang satu jam atau kurang, dan mengkomunikasikan informasi itu untuk memantau atau menagih pemakaiannya. [em/al]

VOA News

(Visited 132 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *