Keluarga yang Berprilaku Hidup Sehat dan Bersih untuk Kota Tomohon baru Mencapai 19%, Tertinggi di Sulawesi Utara

Foto :  Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon, dr Deesje V Liuw M Biomed (duduk), bersama Kepala Seksi Kesehatan Keluarga, Ellen Timerman S Kep (kanan).


SulutPos.com, Tomohon – Kota Tomohon memilki 7 Puskesmas  Indana, totalnya ada 34 Puskesmas, dan secara keseluruhan sudah mempunyai Puskesdes (pusat kesehatan desa) Pustu. Hal ini dijabarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon, dr Deesje V Liuw M Biomed, ketika ditemui wartawan diruang kerjanya, Selasa, (5/12/2017).

Lebih lanjut dikatakan Liuw, tentang ketersediaan obat untuk Puskesmas,  itu (obat) ada, dan obat yang dipergunakan sudah barang tentu berkualitas, karena obat yang dipergunakan adalah obat generik dan terjamin mutunya.

“Untuk persediaan obat tergantung dari permintaan dari Puskesmas,” tambah Liuw.

Ketika ditanya tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), apa sudah dilaksanakan, Liuw menjelaskan bahwa, untuk kota Tomohon, JKN sudah lama ada, sejak dikeluarkannya BPJS. Bahkan, katanya lagi, untuk Kota Tomohon yang paling tinggi se Provinsi Sulawesi Utara.

“Karena dari cakupan asuransi kesehatan sudah mencapai 96% dari penduduk yang ada di Kota Tomohon dan sudah menjadi universal juga nomor satu di Sulawesi Utara,” jelas Liuw.

Sedangkan untuk penerima BPJS itu bervariasi, dari Pensiunan, TNI, POLRI dan semua lapisan masyarakat, juga ada Puskesda dan BPJS Mandiri.

“Jadi total Penerima BPJS kurang lebih 96% dari jumlah penduduk Kota Tomohon,” kata Liuw sambil merujuk pada Data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Pada kesempatan itu juga, melalui Kepala Seksi Kesehatan Keluarga, Ellen Timerman S Kep, menambahkan untuk Program Indonesia Sehat yang intinya menuju pada Program Prilaku Hidup Sehat, ada 12 indikator yang harus dipenuhi oleh setiap keluarga antara lain:

  • Ibu yang ber-KB
  • Pertumbuhan balita dipantau perkembangannya
  • Persalinan memenuhi fasilitas kesehatan
  • Anak di Imunisasi lengkap
  • Penderita TB yang berobat sesuai standar
  • Penderita hipertensi yang berobat secara teratur
  • Keluarga yang memiliki kartu jaminan kesehatan nasional
  • Keluarga yang memiliki dan menggunakan jamban
  • Keluarga yang memiliki dan menggunakan air bersih
  • Penderita yang memiliki gangguan jiwa yang tidak ditelantarkan

“Dan intinya keluarga harus memenuhi kedua belas indikator sudah biasa dikatakan keluarga yang berprilaku hidup sehat dan bersih. Untuk kota Tomohon baru mencapai 19% dari yang terdata, akan tetapi sudah tertinggi di Sulawesi Utara, dari 15 Kabupaten/kota yang ada,” tutup Timerman dan benarkan oleh Liuw. (marthen alow)

(Visited 279 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *