Sekdis Pendidikan Kota Tomohon: Ada 60 Sekolah yang Sudah Terakreditasi

Foto: Sekretaris Dinas (sekdis) Pendidikan Kota Tomohon, H Pondaag.


SulutPos.com, Tomohon – Menyambung berita yang pernah dimuat media ini sebelumnya, tentang jumlah sekolah yang terakreditasi di Kota Tomohon, seluruhnya berjumlah 60 sekolah, untuk sekolah dasar 44 sekolah dan SMP 16 sekolah.

Seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tomohon, H Pondaag, kepada wartawan ketika disambangi diruang kerjanya beberapa waktu lalu mengenai mekanisme penentuan sekolah yang terakreditasi, pondaag mengatakan, itu BUP provinsi, karena di kota Tomohon tidak ada, didalamnya ada yang disebut asesor atau pengawas mereka menilai sekolah dan menyampaikan ke sekolah yang belum terakreditasi untuk menyiapkan semua data-data yang sesuai 8 standar pendidikan.

Ditanya apa saja 8 standar pendidikan itu, Pondaag mengatakan,” Aduh saya tidak hafal, tapi antara lain sarana dan prasarana”, ujar Pondaag, pada Kamis (07/12/2017)

Dibagian lain merujuk pada data yang pernah diberikan Dinas Pendidikan kota Tomohon melalui seksi sarana dan prasarana tentang sekolah yang mendapat bantuan DAK, wartawan menyambangi Sekolah Dasar Negeri Lahendong.

Diruang kerjanya, kepala sekolah SD Negeri Lahendong mengatakan, memang SDN Lahendong untuk tahun 2017 mendapat bantuan DAK non fisik atau pengadaan perpustakaan berupa buku-buku, seperti pada gambar dibawah ini:

Kepala Sekolah SD Negeri Lahendong, Fientje Effa Lantang
Kepala Sekolah SD Negeri Lahendong, Fientje Effa Lantang.

Mengenai mekanisme penyaluran DAK, kepala sekolah menerangkan itu kan dipihak ketigakan, “Jadi kami hanya menerima barangnya saja, yang mengurus itu di dinas, kami menerima saja”, tutur Lantang.

Ditambahkannya, sejak  menjadi kepala sekolah, sudah beberapa kali mendapat bantuan, antara lain,  tahun 2012 bantuan fisik rehabilitasai ruangan, tahun 2014 bantuan fisik, tahun 2015 Bansos, tahun 2016 fisik tapi hanya jamban, tahun 2017 non fisik pengadaan perpustakaan.

“Jadi bantuan yang diterima oleh SDN Lahendong sejak tahun 2012 bervariasi dan sudah 5 kali mendapat bantuan,” tutup Lantang. (marthen alow)

(Visited 353 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *