Sosialisasi Implementasi Kas Daerah Online v2.0

Foto: Sosialisasi implementasi kas daerah online v2.0 di lingkungan perangkat daerah Pemkot Tomohon dalam rangka gerakan nasional non tunai dan kegiatan penatausahaan, pengendalian gaji ASN Tahun Anggaran (TA) 2018, Rabu (31/1/18).


SulutPos.com, Tomohon – Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Keuangan Daerah bekerjasama dengan Bank Sulutgo menggelar sosialisasi implementasi kas daerah online v2.0 di lingkungan perangkat daerah Pemkot Tomohon dalam rangka gerakan nasional non tunai dan kegiatan penatausahaan, pengendalian gaji ASN T.A 2018.

Kegiatan yang melibatkan para bendahara SKPD Pemkot Tomohon ini dilaksanakan di aula AAB Kelurahan Matani Tomohon, Rabu (31/1/18).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, melalui Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc, saat membuka kegiatan menjelaskan bahwa pokok surat edaran Mendagri No 910/1866/SJ dan 910/1867/SJ, tentang implementasi transaksi non tunai pada pemerintah daerah yakni akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah, dilaksanakan paling lambat 1 Januari 2018.

“Meliputi seluruh transaksi penerimaan dan pengeluaraan daerah, pemindahan uang dengan menggunakan instrument APMK, cek, bilyet, giro, uang elektronik atau sejenisnya, berkoordinasi dengan bank atau lembaga keuangan bukan bank di daerah, Pemda menetapkan kebijakan implementasi dan menyusun action plan, implementasi transaksi non tunai dapat dilakukan secara bertahap,” papar Lolowang membacakan sambutan Walikota.

Pemda, lanjut Lolowang, melaporkan perkembangan kesiapan implementasi transaksi non tunai kepada Mendagri paling lambat 1 oktober.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi, menjelaskan kaitan dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

“Pengelolaan keuangan daerah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sebagai akibat dari penyerahan urusan pemerintahan, dan tentunya dilakukan secara tertib, taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan, efesien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat,” jelas Mogi.

Dibagian lain, pada kesempatan yang sama, pimpinan Bank Sulutgo cabang Tomohon Mareyke Togas didampingi wakil pimpinan Rina Sigar mengungkapkan pihaknya berupaya mendukung solusi pengelolaan keuangan Pemkot Tomohon secara non tunai, salah satunya melalui aplikasi Kasda Onlin v2.0.

“Manfaat Kasda online v.2.0 diantaranya dapat diakses dari perangkat apapun (PC, laptop, smartphon/tablet) yang terkoneksi jaringan internet, tidak perlu instalasi jaringan bank, transaksi langsung ke rekening rekanan/pihak ketiga, mudah digunakan dan dapat mencetak mutasi rekening harian,”  Togas menjelaskan. (marthen alow)

(Visited 356 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *