Sukses Gelar Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, KPU Sulut Puji Kesiapan Kinerja KPU Minahasa

Sulutpos.com, Tondano – Hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang sesuai tahapan KPU Minahasa ditutup pada 10 januari hari ini dimanfaatkan dua pasangan Bakal Calon yakni Roy Oktavianus Roring ( ROR) – Robby Dondokambey ( RB) serta Pasangan Ivan SJ Sarundajang (Ivansa) – Careig Naicle Runtu ( CNR)

Usai pendaftaran itu, Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Minahasa dalam konfresi Persnya mengatakan berkas kandidat pasangan calon ini telah lengkap dan akan diproses ke tahapan selanjutnya hal tersebut dikatakan ketua KPU Meidy Yafet Tinangon.

“Berdasarkan pemeriksaan awal, dokumen syarat calon dan syarat pencalonan dari dua pasangan calon telah lengkap. Selanjutnya kami akan melakukan verifikasi keabsahan dokumen calon seperti ijazah dan beberapa dokumen lainnya,” ujar Tinangon.

Menurut Tinangon kelengkapan berkas yang akan langsung ditindak lanjuti KPU dalam proses pendaftaran adalah memeriksa syarat calon yaitu kelengkapan berbagai dokumen, seperti ijazah, SKCK, dan beberapa dokumen lainnya. Sedangkan syarat pencalonan dilihat dari surat dukungan partai politik yang ditandatangani ketua umum dan sekjen partai yang bersangkutan. Juga dilihat surat kesepakatan bersama karena dua pasangan calon diusung oleh gabungan partai politik.

Dia menuturkan proses verifikasi dokumen calon, pemeriksaan kesehatan fisik dan rohani bagi dua pasangan calon. Jika dalam proses ini tidak ditemukan masalah maka penetapan pasangan calon akan dilakukan 12 Februari mendatang.

Sementara KPU Provinsi Sulut, lewat Komisioner Vivi George yang mengawasi langsung proses pendaftaran pada Rabu (10/1) di kantor KPU Minahasa mengapresiasi kesiapan dan kinerja KPU Minahasa.

George mengatakan tidak ada masalah dalam proses pendaftaran bakal calon yang digelar KPU. Menurutnya KPU Minahasa telah mempersiapkan diri secara baik.

“Walau ruangan tempat pendaftaran cukup kecil namun bisa disiasati dengan baik untuk menampung pasangan calon dan pendukungnya serta Panwaslu. Intinya proses pendaftaran pasangan calon di KPU Minahasa berjalan baik,” ujar George.( Ody)

(Visited 168 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *