KPU Minahasa Gelar Test Tertulis Calon PPK Pelaksana Pemilu 2019

Sulutpos.com, Tondano – Setelah dinyatakan lulus seleksi Administrasi pasca dibukanya pendaftaran Calon Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK) oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU) dalam penyelenggaraan Pemilihan umum 2019 mendatang, maka pada siang tadi Selasa ( 06/02) sebanyak 194 calon PPK yang terdaftar mengikuti tahapan test tertulis yang bertempat di Gedung Balai Pertemuan Umum ( BPU) Tondano.

Ketua KPU Kabupaten Minahasa, Meidy Yafet Tinangon, SSi, M.Si ketika dikonfirmasi melalui Komisioner KPU, Kristoforus Ngantung mengatakan, peserta ujian tertulis calon anggota PPK diikuti 194 peserta yang terbagi dari 25 kecamatan.

“Ujian tes tertulis ini merupakan hasil dari yang lolos berkas sesuai pensyaratan. Selanjutnya nantinya dinyatakan lolos ujian tertulis diambil 6 orang, ” terang Ngantung yang juga membidangi Divisi Sumber Daya Manusia( SDM) dan Parmas KPU Minahasa

Usai tahapan Test tertulis lanjut Ngantung, para calon PPK yang lolos seleksi akan melanjutkan ke tahap Wawancara.

” Selanjutnya akan memasuki tes wawancara yang dilakukan pokja dari KPU untuk diketahui secara mendalam tentang pemahaman mereka tentang kepemiluan dan undang-undang penyelenggaraan soal Pemilu,” jelasnya

Ngantung pun mengatakan, diantara yang mengikuti ujian tertulis itu sebagian sudah menjadi anggota PPK untuk Pemilihan Kepala Daerah 2018. Ada pula anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara). Hal itu memungkinkan karena sesuai peraturan KPU membolehkan anggota PPK pemilihan Kepala Daerah mencalonkan untuk menjadi calon anggota PPK Pemilu.

Khusus masa kerja PPK Pemilu dimulai pada bulan Maret 2018 sampai Mei 2019. Sedangkan PPK pemilihan Kepala Daerah masa kerjanya dari November 2017 hingga Juli 2018.

“Materi ujian peserta PPK Pemilu baik tertulis maupun wawancara berkisar pemahaman penguasaan tentang aturan kepemiluan dan integritas seorang calon akan digali melalui wawancara,” Pungkasnya.

Dalam pelaksanaan test tertulis ini Komisioner Kris Ngantung didampingi Dra Wisye Wilar,  Lord Arthur Malonda Spd dan diawasi langsung Panitia Pengawas Kabupaten Bung Erwin Sumampouw serta staf Panwaskab lainnya.( Ody)

(Visited 197 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *