Otniel Walintukan: PHBS di Kabupaten Minahasa Tenggara Mencapai 80%

 

Foto: Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)


SulutPos.com, Ratahan – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) pada tahun 2017, menurut Otniel Walintukan selaku Kepala Bidang Kesahatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara saat dijumpai,  pada Jumat (02/02/2018), sudah mencapai 80%.

Otniel Walintukan, Kepala Bidang Kesahatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara
Otniel Walintukan, Kepala Bidang Kesahatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara.

“Di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) untuk PHBS di tahun 2017 di khususkan untuk penggunaan air bersih dan penggunaan jamban, di karenakan masih ada sebagian masyarakat yang masih belum memanfaatkan jamban yang sudah di bangun oleh pemerintah, “ jelas Walintukan.

Lebih lanjut dikatakan Kabid, untuk tahun 2018 ini masih melanjutkan program penggunaan air bersih dan penggunaan jamban.

Sementara untk  Puskesmas dan Poskesdes, Walintukan mengatakan di Kabupaten Mitra untuk Puskesmas totalnya ada 12 sedangkan untuk Poskesdes sekitaran 30.

“Ketersedian obat untuk Puskesmas dan Poskesdes sesuai dengan kebutuhan, karena sesuai dengan perencanaan,” tambah Kabid.

Untuk gizi, lanjut Walintukan, sasaran kepada bayi dan balita dikarenakan untuk generasi mendatang. Jadi Dinas  menganjurkan masyarakat untuk megurangi makan nasi dan lebih mencintai makan ikan, sayur dan buah. (Svide)

(Visited 180 times, 2 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *